Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Tips Berkendara Aman di Era New Normal


Tips Berkendara Aman di Era New Normal Admin, Selasa 18 Agustus 2020

Berkendara Aman Selama New Normal - Pandemi virus corona belum berakhir juga, namun tentunya aktifitas produktif tetap harus berjalan kembali. Lalu bagaiman menyikapi hal ini?

Sebagaimana diketahui berdasarkan anjuran pemerintah, kita perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker dan juga physical distancing atau tidak bersentuhan satu sama lain terutama di tempat umum, tidak lupa untuk menghindari kerumunan.

Lalu bagaimana dengan berkendara di era new normal ini? Nah, kali ini OTR.id akan membahas tips berkendara yang aman di era new normal ini. Apa ajah tipsnya? Yuk simak pembahasan berikut.


1. Pastikan kendaraan bersih dan lebih rajin cuci kendaraan


Cuci mobil hingga bersih sebelum beraktivitas dan setelah beraktivitas. Pastikan bagian yang sering mendapatkan kontak fisik, mendapat fokus pembersihan lebih lagi. Contohnya di bagian eksterior seperti handle pintu, kaca mobil dan tutup tangki bensin.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Pada bagian interior pastikan titik-titik yang sering di sentuh seperti panel pintu, setir, tuas transmisi, tuas rem parkir, arm rest, hingga kontrol AC dan audio juga di bersihkan secara steril. Anda juga bisa menggunakan jasa beberapa usaha yang melakukan disinfektan dengan harga yang relatif murah.


Baca juga: Tips Bersihkan Mobil Selama Pandemi Corona Covid-19


2. Periksa ban, kondisi wiper dan cairan pada mesin


Karena telah melalui PSBB yang cukup panjang, memastikan kondisi mobil sebelum digunakan dapat mengurangi resiko yang bisa terjadi di tengah perjalanan seperti mogok.

Sebelum berangkat, sobat OTR perlu ingat untuk selalu memastikan tekanan angin ban, ada baiknya menggunakan pengukur tekanan yang dijual murah secara online. Namun jika tidak ada, bisa juga menekan ban dengan tangan/kaki untuk memastikan keras/tidaknya tekanan ban. Lihat juga apakah ban masih bagus atau sudah ada retakan pada karet ban. Terlebih jika ban sudah botak, sobat perlu segera menggantinya.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Jangan lupa cek kondisi cairan yang berada di ruang mesin, seperti oli, air radiator dan air wiper. Pastikan anda menambahkan apabila ditemukan salah satu cairan tersebut kurang. Dan juga pastikan tidak ada tetesan cairan di bawah mobil sebagai indikasi ada kebocoran. Misalnya tetesan oli, minyak rem dan air radiator.

Tidak lupa juga Sobat perlu perhatikan karet wiper dan pastikan tidak ada kotoran yang bisa menyebabkan lecet pada kaca atau menganggu pandangan saat berkendara.


3. Periksa fungsi instrumen kendaraan


Periksa seluruh fungsi instrumen mobil seperti lampu, klakson, tuas transmisi, rem tangan, kontrol audio, AC, serta pedal-pedal di bawah dashboard.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Persiapkan kebutuhan perjalanan supaya tidak repot saat mengemudi mobil. Misalnya mempersiapkan kartu emoney dan pastikan saldonya memadai. Letakkan juga kebutuhan lain seperti uang receh, kacamata hitam, minuman dan makanan di tempat yang mudah digapai saat dibutuhkan. Atur setting AC dan audio mobil sesuai keinginan sehingga tidak perlu mengubahnya ketika mengemudi mobil.


4. Periksa dokumen kendaraan dan patuhi protokol kesehatan


Periksa dokumen kendaraan seperti STNK dan SIM A pastikan tidak tertinggal di rumah. Hindari meletakkan barang di tempat yang mudah terlihat, sehingga mengurangi resiko adanya orang yang berniat jahat.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Patuhi protokol kesehatan yang berlaku, Sobat bersama dengan penumpang lainnya wajib memakai masker. Seperti diketahui di beberaa daerah, termasuk Jakarta, sudah diterapkan sanksi berupa kurungan penjara atau denda jika pengendara tidak menggunakan masker.

Mobil boleh diisi penuh oleh penumpang dengan syarat seluruhnya berasal dari 1 alamat yang sama, dibuktikan dari fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP seluruh penumpang. Jika tidak serumah, hanya boleh diisi penuh, maksimal 50% dari kapasitas mobil saja.


Baca juga: STNK Hilang Jangan Panik, Ini Dia Syarat dan Prosedur Mengurusnya


5. Gunakan Sabuk pengaman


Jangan lupa untuk langsung menggunakan sabuk pengaman dan pastikan berbunyi klik sebagai tanda sudah terpasang dengan baik. Pakai sabuk pengaman dulu sebelum berkendara, bukan berkendara dulu baru menggunakan sabuk pengaman.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Posisikan duduk senyaman mungkin sebelum mulai perjalanan. namun tetap sesuai prinsip safety driving. Jangan lupa pentingnya mengatur posisi seluruh kaca spion, pastikan Sobat bisa melihat keadaan sekitar, kiri, kanan dan belakang dengan jelas.

6. Etika berkendara


Etika berkendara juga menjadi faktor penting untuk dilakukan saat berkendara. Seperti dengan Mematuhi aturan lalu lintas. Hindari melanggar aturan, meski pengguna jalan lain melakukannya.

Tips Berkendara Aman di Era New Normal Ingat kebiasaan yang buruk bisa merusak kebiasaan yang baik. Jaga emosi dan jangan mudah terpancing jika ada pengguna jalan lain melakukan manuver kurang sopan seperti memotong jalur Sobat. Fokus pada mengemudi dan jangan teralihkan pada hal tidak penting seperti mengambil barang yang jatuh

Baca juga: New Normal Bisa Beli Mobil Baru Angsuran Tetap Ringan di OTR.id

Hindari menggunakan telepon genggam ketika mengemudi karena akan menimbulkan bahaya bukan hanya untuk Sobat, tapi juga untuk untuk pengendara lain.

Berkendaralah dengan bijak serta penuh tanggung jawab. Patuhi rambu – rambu lalu lintas demi keamanan dan kenyaman bersama.

Terus semangat jalani tatanan hidup baru dengan mobil baru!

Jangan lupa cek OTR.id untuk promo terbaru di new normal ini!

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan pemesanan mobil baru, Sobat dapat mengunjungi:

Website: otr.id
Instagram: @otr_id
Facebook: OTR.ID
Telepon: (021) 2245 9888

Kapan lagi bisa beli mobil impian dengan angsuran super ringan di fase New Normal ini? Tunggu apalagi? Yuk segera pesan mobil baru impian Sobat sekarang juga sebelum kehabisan promo! Urusan mobil baru, OTR.id Aja!