Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV


Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV Admin, Selasa 11 Agustus 2020

Toyota Avanza OTR.id – Mobil sejuta umat, inilah julukan untuk mobil berjenis low multipurpose vehicle (LMVP) yang super tangguh ini. Toyota Avanza sudah terbukti menjadi favorit dari berbagai kalangan. Tidak hanya digunakan sebagai kendaraan pribadi, namun juga anyar digunakan sebagai kendaraan operasional kantor dan kendaraan niaga.

Mobil yang dikenal sangat dapat diandalkan ini bahkan digunakan sebagai taksi. Tentunya tipe yang digunakan pada taksi mengalami perbedaan spesifikasi dan harga dari varian Avanza yang dijual di pasaran mobil pribadi.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Toyota terus melakukan pengembangan dan berevolusi dengan sangat cepat. Dua kembar dengan Daihatsu Xenia ini penjualannya melambung pesat, bahkan hampir selalu mendapatkan peringkat 3 teratas dalam penjualan setiap tahunnya.

Bagaimana tidak, hal ini bisa dicapai karena Avanza memberikan nilai fungsional yang tinggi mulai dari kemampuannya untuk membawa 7 orang, mesin yang bandel, minim perawatan, spare part yang murah, dan harga yang terjangkau.

Baca juga: Asuransi Mobil, Perlukah?

Selama mengaspal di seluruh jalan di Indonesia, Avanza telah beberapa kali melakukan perubahan dan saat ini Avanza sudah mencapai generasi ke-empat. Meskipun demikian, Toyota Avanza masih tetap menjadi salah satu primadona dengan nilai penjualan yang tinggi di antara pesaing-pesaing lain di kelas nya.

Perubahan yang dilakukan Toyota pada setiap generasinya mulai dari perubahan eksterior dan juga interior. Ubahan terlihat pada penggantian lampu, grill, facelift, velg dan fitur keselamatan, yang membuat tampilan Avanza ini menjadi makin memukau dan membuat warga Indonesia menjadi semankin jatuh cinta dengan mobil ini.

Tidak sedikit pula para pencinta modifikasi mobil yang memilih Toyota Avanza menjadi salah satu mobil bahan untuk dibangun, sehingga berbeda dari Avanza standar pada umumnya. Ketika ditanya kenapa memilih Avanza? Alasannya simple, karena bisa dijadikan sebagai kendaraan keluarga. Namun mudah dimodifikasi dengan mesin yang tetap bandel dan irit.

Tentunya Sobat OTR penasaran dong dengan sepak terjang Avanza dari generasi ke generasi yang selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan harga terjangkau. Yuk kita simak pembahasan OTR.id mengenai mobil ini.

Sejarah Avanza

Avanza resmi diluncurkan secara perdana di Indonesia pada Desember 2003 dan mulai dipasarkan ke konsumen pada januari 2004.

Generasi 1: 2003 – 2011, Avanza
Avanza saat itu hadir dalam 2 pilihan tipe, yaitu E dan G sebagai tipe tertinggi dari Avanza. Keduanya menggunakan mesin DOHC 16 katup 1300 cc bertransmisi manual 5 percepatan. Saat itu harga yang ditawarkan sangat fantastik. Cukup dengan merogoh kocek 90-100 juta-an, sudah bisa membawa pulang mobil ini.

Tidak butuh waktu lama untuk pengembangan mobil ini, pada bulan Agustus 2004, atau sekitar 7 bulan PT. Toyota Astra Motor merilis Avanza tipe terbaru yaitu tipe S. Perbedaanya terletak pada penggunaan transmisi otomatis 4 percepatan yang digunakan pada tipe ini.

Kapasitas mesin sama dengan tipe sebelumnya, hanya tipenya yang berubah menjadi DOHC 16 katup 1.300 cc yang sudah mengusung teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent).

Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV
Dari sisi interior, mobil ini mengusung dominasi warna hitam dan abu-abu, Avanza kala itu masih minim fitur. Hal ini bisa dilihat dari pengaturan AC yang belum bisa mengatur arah semburan angin, untuk ke badan penumpang, kaki atau ke arah jendela.

Sistem hiburan yang masih mengandalkan head unit model single DIN yang hanya memutar kaset, dan belum terdapat kontrol audio pada bagian setir. Namun, untuk pengaturan kaca jendela sudah mengadopsi teknologi power wndow di keempat jendelanya, tak ketinggalan pengaturan kaca spion menggunakan model elektrik.

Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV
Generasi ke 2: 2011 – 2014, All New Avanza
Pada tahun 2011, akhirnya generasi lanjutan dari Avanza diperkenalkan di selenggaraan IIMS 2010. Ubahan yang dilakukan oleh Toyota terbilang signifikan, sehingga peluncuran Avanza kali ini di bumbui dengan “All New” pada bagian depan namanya. Design pada generasi kali bisa di bilang cukup dinamis dan menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Mulai dari penggunaan lampu utama berbentuk segitiga, bumper dirombak ulang menjadi lebih agresif dengan lekukan yang tajam. Grill diubah menjadi lebih lebar sehingga menyatu antara lampu kiri dan kanan. Serta lampu belakang yang di buat lebih agresif dari yang sebelumnya dan memberikan kesan mewah pada mobil tersebut.

Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV
Hadir dengan 2 pilihan mesin yaitu 1.3L dan 1.5L, dan hadir dengan 3 tipe yaitu 1.3 E, 1.3 G, dan 1.5 Veloz. Kali ini mesin 1.300 cc berkode 1NR-FE, dengan tenaga maksimum mencapai 95 dk pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 125 Nm di 4.000 rpm disematkan pada Avanza generasi kedua.

Adanya varian Veloz yang menggunakan mesin 1.500 cc berkode 2NR-FE, dengan tenaga maksimal sebesar 102 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm, ikut meramaikan pasar Toyota saat itu. Veloz juga hadir dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan, dengan tetap mengandalkan penggerak roda belakang.

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil Baru Langsung Dihitungkan Cepat dan Mudah

Untuk fitur, Avanza ini sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya. Toyota mengklaim kalau kekedapan kabin Avanza ini lebih baik, karena menggunakan bahan yang lebih keras dan tebal pada bagian plafonnya. Fitur keselamatan pun didukung adanya dual SRS Airbag dan rem ABS.

Menjelang pergantian generasi, Avanza berinovasi dengan mengeluarkan tipe Luxury untuk tipe G dan Veloz. Bedanya ada tambahan body kit baru untuk bumper depan, bumper belakang dan side skirt. Serta penggunaan panel-panel kayu di dalam interior untuk menambah kesan mewah.

Generasi ke 3: 2015 – 2019, Grand New Avanza
Penyegaran dilakukan lagi pada Avanza 2015, dengan sebutan Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Walau sekadar facelift, tapi cukup banyak yang diubah dari Avanza ini.

Ubahan terlihat dari penggunaan lampu multi-reflektor model baru, grill baru dengan desain lebih tebal, juga diikuti bumper yang berbeda antara Avanza dan Veloz.

Penggunaan velg juga berbeda dari model sebelumnya, walau masih sama-sama model palang 4, Avanza menggunakan velg single colour 14 inci dan Veloz menggunakan velg berwarna dual tone 15 inci.

Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV
Untuk bagian mesinnya, tidak ada ubahan yang dilakukan. Tetap mengandalkan mesin 1.3L dan 1.5L (untuk 1.5L A/T hanya ada di Veloz), dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Grand New Avanza tersedia beberapa pilihan, yakni 1.3 E M/T atau A/T, 1.3 G M/T atau A/T, serta 1.5 G M/T.
Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV

Interior mobil ini menggunakan warna dual tone yang berpadu antara krem dan hitam. Walau memang panel-panelnya masih mirip dengan generasi sebelum-sebelumnya, tetapi fitur audio sudah ditingkatkan dengan penggunaan head unit model 2-DIN, dengan kelengkapan multimedia seperti CD/DVD, USB, dan mampu membaca format MP3. Serta penggunaan spidometer baru yang lebih modern dan terlihat futuristik, lengkap dengan layar MID.

Baca juga: Spesifikasi, Review dan Harga Wuling Almaz Terbaru

Berbeda dengan Grand New Avanza, Veloz memiliki varian 1.5 M/T atau A/T, serta varian baru 1.3 M/T dan A/T. Dengan fitur-fitur yang lebih mewah dan lengkap ketimbang Avanza. Misalnya pada interior yang berwarna hitam berpadu abu-abu, panel garnis silver, membuat Veloz lebih sporty ketimbang Avanza.

Fitur lainnya tentunya penggunaan head unit 2-DIN dengan monitor berukuran 6 inch, serta layar tambahan untuk penumpang belakang yang ditempatkan pada plafon. Inilah yang menjadi nilai tambah untuk Veloz.

Generasi ke 4: 2020, New Avanza
Sejak muncul pesaing baru dari Mitsubishi yaitu Mitsubishi Xpander yang mulai dikenalkan tahun 2017, Avanza masih menjadi LMPV terunggul di awal 2018. Namun memasuki semester kedua, penjualan Mitsubishi Xpander mulai menyusul Avanza, sehingga dominasi mulai terebut dari Avanza di tahun 2019.
Toyota Avanza: Eksistensi Si Raja Mobil Low MPV
Menanggapi hal ini, Toyota tidak bisa tinggal diam, sehingga di awal tahun 2020, Toyota memperkenalkan versi baru dari Avanza dengan nama New Avanza.

Peluncuran di Fairmont Hotel tanggal 15 Januari 2019, menjawab semua spekulasi dari streategi Toyota dalam persaingan MPV di Indonesia.

Dengan ubahan facelift, tentunya Toyota Avanza tidak memiliki banyak perubahan yang signifikan terutama pada sisi eksterior dan interior. Namun hal ini terbukti cukup menarik banyak orang untuk kembali melirik Avanza.

Bagaimana dengan Sobat OTR? Bagi Sobat OTR yang penasaran dengan update terbaru dari Avanza dan harganya, inilah harga Toyota Avanza di tahun 2020:

Toyota New Avanza
Tipe Harga OTR
1.3 E STD M/T 197,700,000
1.3 E M/T 200,200,000
1.3 E STD A/T 208,900,000
1.3 E A/T 211,400,000
1.3 G M/T 218,050,000
1.3 G A/T 228,750,000
1.5 G M/T 230,350,000

Toyota New Veloz
Tipe Harga OTR
1.3 M/T 224,750,000
1.3 A/T 236,550,000
1.5 M/T 236,750,000
1.5 A/T 248,550,000

Bagi Sobat OTR yang tertarik membeli mobil Toyota Avanza ini, bisa langsung klik OTR.id dan #pesandarirumah. Urusan mobil baru, OTR.id Aja!