Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Tips Bersihkan Mobil Selama Wabah Pandemi Corona Covid-19


Tips Bersihkan Mobil OTR.id

Admin, Selasa 21 April 2020

Bersihkan Mobil Saat Pandemi Covid-19 - Wabah virus corona atau dikenal dengan Coronavirus Disease 19 (Covid-19) pastinya membuat Sobat yang memiliki mobil semakin berhati-hati dalam merawatnya. Bagian paling penting yang perlu diperhatikan yaitu bagian kabin mobil yang mempunyai potensi disinggahi bakteri, kuman, sampai virus, termasuk ya virus Covid-19 ini. Jangankan ancaman pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Dalam keseharian pun mobil kesayangan berpotensi "mentransfer" berbagai jenis kuman dan bakteri ke rumah. Dari handle pintu dan bagasi, setir, tuas persneling atau pemindah gigi, tuas rem tangan, sampai berbagai tombol multimedia dalam mobil yang sering disentuh perlu mendapat perhatian khusus. 

Baca juga : Hindari Penularan Covid-19 dari Mobilmu

Membersihkan interior di dalam kabin tentunya perlu memperhatikan material ataupun bahan pembersih yang digunakan. Penggunaan bahan atau material yang salah bisa-bisa membuat permukaan interior mobil, seperti bagian setir dan dashboard, menjadi rusak. Di sisi lain, bukannya menghalau bakteri, kuman, dan virus penyakit, zat kimia yang terhirup saat Sobat berkendara malah mendatangkan bahaya baru bagi kesehatan.

Sama halnya dengan penggunaan hand sanitizer yang biasanya bisa menggantikan proses mencuci tangan dengan sabun dalam keadaan darurat. Hand sanitizer tentunya tidak bisa begitu saja dioleskan di permukaan interior, karena alkohol yang terkandung di dalamnya berpotensi merusak permukaan berbahan plastik, vynil, maupun kulit.

Jadi pakai bahan pembersih apa yang aman untuk membersihkan interior mobil? Nah OTR.id punya jawaban serta tips untuk Sobat OTR yang mau membersihkan interior kabin mobil tanpa merusak bahan permukaannya, yuk kita simak.

1. Gunakan Sabun Bayi

Alat Pembersih Mobil OTR.id

Mempunyai nilai PH yang netral, siapa sangka ternyata sabun bayi bisa digunakan sebagai alternatif pembersih interior dalam kabin mobil Sobat. Sabun bayi dalam bentuk cair maupun batang, setelah dilarutkan dalam air hangat dapat digunakan untuk menghalau bakteri, kuman, dan virus.

Campur sabun bayi ke dalam air hangat secukupnya, tidak perlu sampai terasa licin karena pembersihan hanya menggunakan lap dan tidak perlu disiram untuk bilas. Gunakan lap bersih berbahan katun ataupun microfiber untuk mengoleskan cairan sabun yang telah disiapkan ke seluruh permukaan interior yang sering tersentuh oleh pengemudi dan penumpang.

Baca juga : Harga Mobil Honda 2020

2. Gunakan Disinfektan

Tips Bersihkan Kabin Mobil OTR.id

Melawan virus Covid-19, cairan disinfektan dapat digunakan untuk mensterilkan udara dalam kabin mobil. Namun, penggunaan cairan disinfektan ini perlu diperhatikan jenis dan waktu penggunaannya. Produk disinfektan yang beredar di pasaran saat ini, ada yang mengandung alkohol dan ada yang berbahan alami tanpa alkohol.

Pilihan terbaik bagi interior kabin mobil adalah disinfektan berbahan alami. Bukan berarti yang mengandung alkohol tidak boleh, namun perlu diperhatikan penggunaannya agar tidak terlalu sering. Dan juga bagi para perokok aktif tidak dianjurkan menggunakan disinfektan berkandungan alkohol karena ada resiko terkena sambaran api jika penyemprotan dilakukan sambil merokok.

Namun meski sudah dianjurkan mengenai bahan disinfektan yang aman, sayangnya saat ini banyak masyarakat yang meracik cairan disinfektan sendiri. Hal ini sebenarnya cukup berisiko jika tidak sesuai takaran.

3. Hand Sanitizer Bukan Pembersih Interior Kabin Mobil

Cairan sanitasi tangan instant berbasis alkohol yang dikenal dengan nama hand sanitizer dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri, bahkan belakangan ini dipercaya mampu membunuh virus, termasuk virus corona, saat kadar alkoholnya ada di atas nilai 70%.

Walaupun ada perbedaan antara kuman, bakteri, serta virus, namun produk ini laku keras di tengah wabah Covid-19. Setelah diinfokan cairan disinfektan dapat disemprotkan untuk interior kabin mobil, ada saja ide yang muncul bahwa hand sanitizer bisa digunakan pula.

Seperti yang OTR sudah sebutkan di atas, bahan alkohol pada hand sanitizer berpotensi merusak permukaan interior mobil, sehingga Sobat OTR tidak dianjurkan menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan interior kabin mobil jika masih sayang dengan mobil sobat.

Baca juga : Spesifikasi, Review dan Promo Daihatsu Ayla 2020

4. Tetap Gunakan Vacum Cleaner

Tips Bersihkan Kabin Mobil - Vakum Cleaner OTR.id

Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia menyarankan kabin tidak hanya harus bersih dari virus Covid-19, namun juga perlu bersih dari kotoran-kotoran yang mempunyai potensi menjadi sarang kuman dan bakteri bahkan tempat persinggahan virus sehingga menyebabkan penciuman, penglihatan dan pernapasan terganggu.

Untuk itu, membersihkan interior mobil tetap perlu dilakukan sampai ke sudut-sudutnya. Dalam proses memaksimalkan kebersihan mobil, sobat tetap perlu menggunakan vacum cleaner untuk menjaga sanitasi dalam kabin mobil.

Nah itu tadi adalah tips dan panduan agar sobat dapat bersihkan mobil di tengah wabah Covid-19 saat ini. Yuk, lebih rajin lagi kita bersihkan mobil kesayangan secara berkala. Tetap jaga kesehatan dan terus berharap wabah ini segera berakhir.

Cek harga mobil baru impian Sobat OTR yang lain di otr.id Urusan Mobil baru, OTR.id Aja!