Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Admin, Selasa 25 Agustus 2020

Teknologi Cruise Control Mobil – Sobat OTR mungkin sudah sering dengar yang namanya cruise control ya? Fitur ini sudah banyak diaplikasikan dalam mobil modern keluaran terbaru. Namun, apakah Sobat sudah mengenal betul apa dan bagaimana pengaruh Cruise Control yang ada di mobil? OTR.id secara eksklusif akan membahas mengenai hal ini untuk menambah pengetahuan kita semua supaya Sobat juga paham apakah fitur ini dapat membantu aktifitas dalam berkendara sehari-hari.


Baca juga : Tips Memilih Mobil Baru yang Tepat


Sejarah Fitur Cruise Control


Siapa yang sangka kalau penemu fitur yang satu ini adalah seorang teknisi tuna netra yang sudah tidak bisa melihat sejak usia 5 tahun. Ralph Teetor, adalah nama dari sosok tersebut. Pria kelahiran 17 Agustus 1890 ini mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia kehilangan penglihatan sejak usia dini.
Lulus dari Universitas Pennsylvania dengan gelar Mechanical Engineering di tahun 1912 membuat Ralph piawai dalam dunia permesinan dan terbukti dapat menggunakan indera perasanya sebagai ganti penglihatan saat bekerja.
Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil
Suatu hari saat Ralph sedang menumpang mobil pengacaranya sambil berbincang-bincang, sang pengacara ternyata memiliki kebiasaan menyetir pelan saat mendengarkan dan menancap gas saat berbicara. Hal ini dirasakan sangat tidak nyaman bagi Ralph, sehingga karena pengalaman ini, diciptakanlah teknologi cruise control yang dapat mengontrol kecepatan mobil secara otomatis agar stabil pada kecepatan tertentu.

Butuh waktu beberapa dekade bagi Ralph dalam membuat teknologi ini hingga bisa dijual secara komersil. Dilansir dari Wikipedia, Chrysler Imperial, New Yorker, dan Windsor adalah beberapa mobil pertama yang menggunakan teknologi cruise control di tahun 1958. Dua tahun berikutnya, fitur ini menjadi bawaan standar mobil-mobil keluaran Cadillac.

Fitur ini semakin populer di tahun 1970-an saat dunia mengalami krisis minyak. Pabrikan mobil pun memanfaatkan teknologi ini untuk menjadikan mobil lebih irit bahan bakar, walaupun itu semua kembali lagi pada kebiasaan mengemudi pengendaranya.


Cara Kerja Fitur Cruise Control


Sistem kerja cruise control yaitu mempertahankan kecepatan mobil dengan mengsubtitusi kerja kaki pada pedal gas mobil dengan menyelaraskan posisi akselerator atau throttle. Cruise control mengaktifkan katup akselerator lewat kabel yang terkoneksi ke aktuator. Katup akselerator inilah yang selanjutnya mengatur daya dan kecepatan mesin dengan mengontrol jumlah udara yang masuk ke ruang bakar.


Penggunaan Fitur Cruise Control


Memang dulunya fitur ini hanya ada di mobil-mobil yang tergolong mewah, namun saat ini fitur cruise control sudah banyak diterapkan di mobil-mobil harga menengah. Bahkan ada beberapa teknisi lokal Indonesia yang sudah bisa menerapkan fitur cruise control aftermarket di mobil sekelas Honda Brio Satya.

Meski demikian, jangan dulu buru-buru memutuskan untuk membeli mobil dengan fitur ini, karena Sobat OTR perlu mempertimbangkan nilai guna dan intensitas penggunaannya. Kondisi jalanan di ibukota dan kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dirasa kurang bersahabat bagi fitur ini. Keramaian serta kemacetan di jalan kota acapkali membuat fitur ini hanya menjadi pemanis tampilan dengan tombol-tombol futuristik pada setir mobil.

Karena fungsinya adalah memungkinkan mobil melaju di kecepatan konstan, cruise control sulit digunakan di kondisi jalan yang ramai. Cruise control sangat cocok apabila digunakan di jalan-jalan yang cukup lengang dan kecepatan rata-rata 80km/jam ke atas, seperti di jalan tol dan jalan lintas antar kota atau provinsi.

Meskipun di beberapa mobil fitur ini dapat dinonaktifkan hanya dengan menginjak pedal rem sehingga kecepatan dapat dikontrol secara manual kembali, Director Training dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, “Ini salah satu fitur yang bisa membuat pengemudi lebih nyaman berkendara. Ketika ditahan di kecepatan tertentu baru diaktifin, gas bisa dilepas, namun jangan sampai terlena. Jangan sampai pas pakai cruise control, begitu harusnya ngerem dia salah, malah gas yang dia injak karena kaki nggak tahu stand by di mana.”

Nah, berguna atau tidak, tentunya kembali lagi bahwa penggunaan cruise control ini aman bagi pengemudi yang sudah terbiasa menggunakannya. Mengenal mobil dan situasi jalan di sekitar saat berkendara menggunakan cruise control sangat diperlukan untuk mengantisipasi keadaan tidak terduga seperti rem mendadak.


Baca juga: Tips Berkendara Aman Sebagai Pengemudi Pemula


Mobil-mobil dengan Fitur Cruise Control di Indonesia


Buat Sobat OTR yang tertarik dan menemukan bahwa cruise control mungkin bermanfaat dalam keseharian berkendara, berikut OTR.id berikan daftar mobil di harga menengah dengan fitur cruise control yang sudah ada di Indonesia.

1. Mitsubishi Xpander


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Mitsubishi Xpander adalah mobil dengan harga paling terjangkau saat ini yang memiliki fitur cruise control, meskipun hanya terdapat pada tipe tertinggi Xpander Ultimate dan Xpander Cross, yang dibanderol dengan harga Rp 270 juta-an.


Baca juga: Spesifikasi, Review dan Harga Mitsubishi Xpander Cross


2. Honda Jazz


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Cruise control sudah ada pada Honda Jazz di varian tertingginya, yaitu yakni Jazz RS. Pada varian ini terdapat dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-speed dan CVT (Continuously Varible Transmission) atau automatic. Harga yang ditawarkan untuk manual Rp 280 juta-an, sedangkan untuk automatic CVT sekitar Rp 290 juta-an.


Baca juga: Simulasi Kredit Honda Jazz 2020


3. Suzuki S-Cross


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Agar bisa bersaing, Suzuki juga tidak mau ketinggalan, Suzuki SX5 S-Cross juga masuk ke dalam daftar mobil dengan fitur cruise control. Mobil crossover ini ditawarkan dengan harga Rp 290 juta-an untuk tipe manual (MT) dan Rp 304 juta-an untuk tipe automatic (AT).


4. DFSK Glory 580


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Dongfen Sokon atau PT Sokonindo Automobile juga membekali fitur ini di salah satu tipe mobilnya, DFSK Glory 580. Fitur ini hanya ada pada tipe tertingginya yaitu Luxury CVT yang dipasarkan dengan harga Rp 315 juta.

5. Honda HR-V


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Selain Honda Jazz, pabrikan asal Jepang yang satu ini juga menyediakan fitur cruise control pada Honda HR-V, namun tidak pada semua varian, hanya pada tipe E sampai Prestige. Untuk tipe E dijual dengan harga Rp 317,8 juta, sementara untuk Prestige ditawarkan dengan harga Rp 415,7 juta.


Baca juga: Daftar Harga Honda HR-V 2020


6. Chevrolet Trax


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Mobil asal pabrikan Amerika Serikat ini juga sudah punya fitur cruise control pada Chevrolet Trax. Tersedia pada tipe tertinggi yaitu Chevrolet Trax Premier, ditawarkan dengan harga Rp 318,5 juta.

7. Wuling Almaz


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil SUV ungulan dari Wuling, menawarkan ketersediaan fitur cruise control juga dan ditawarkan di Rp 318,8 juta.

8. Hyundai Kona


Yuk Kenali Fitur Cruise Control di Mobil Mungkin tidak semeriah pesaing di kelasnya, namun Hyundai Kona bisa menjadi opsi mobil dengan fitur cruise control juga dengan harga di bawah Rp 400 juta-an. Mobil ini memiliki fitur cruise control pada tipe Kona 2.0 AT yang dibanderol dengan harga Rp 363,9 juta.


Nah demikian pembahasan lengkap mengenai fitur cruise control. Bagaimana, apakah fitur ini menarik minat sobat dalam hal pengalaman berkendara? Jika Sobat OTR tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau membeli mobil baru, bisa langsung mengunjungi:
Website: otr.id
Instagram: @otr_id
Facebook: OTR.ID
Telepon: (021) 2245 9888


Jangan lewatkan promo New Normal yang berlangsung selama bulan Agustus 2020 ini. Kapan lagi bisa beli mobil impian dengan pilihan angsuran ringan di era New Normal ini? Tunggu apalagi? Yuk segera pesan mobil baru impian Sobat sekarang juga! Urusan mobil baru, OTR.id Aja!