Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Mengendarai Mobil Matic. Pakai 1 Kaki atau 2 Kaki?


Mengendarai Mobil Matic. Pakai 1 Kaki atau 2 Kaki? Admin, Selasa 11 September 2020

Mengendarai Mobil Matic Baiknya Pakai Berapa Kaki? – Hai Sobat OTR, pastinya kita sudah sering mendengar bahkan mengendarai mobil bertransmisi otomatis atau yang biasa kita sebut dengan mobil matic. Mobil matic banyak digemari kalangan masyarakat. Selain karena penggunaannya yang mudah, mobil ini juga memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan di tengah kemacetan.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara mobil matic ini, terlebih bagi Sobat yang sudah terbiasa mengendarai mobil manual lalu ingin beralih menggunakan mobil matic.


Lihat juga: Tips Bersihkan Mobil Saat Pandemi Corona COVID-19


Posisi kaki saat berkendara mobil matic ternyata juga cukup bervariasi. Pernahkah terlintas di pikiran sobat, mana yang lebih baik dalam mengendarai mobil matic antara menggunakan 1 kaki atau 2 kaki? Disini OTR.id akan membahas tentang perbandingan mana yang lebih baik, yuk kita simak sama-sama.

Berkendara Mobil Matic Menggunakan 2 kaki

Tidak jarang kita menjumpai beberapa orang yang mengendarai mobil matic ini dengan menggunakan 2 kaki dalam mengatur pedal gas dan pedal rem. Mengapa bisa seperti itu? Alasan utama dari hal tersebut adalah mereka telah terbiasa dan nyaman menggunakan 2 kaki selayaknya mengendarai mobil manual.

Pastinya mengendarai mobil matic menggunakan 2 kaki mempunyai kelebihan tersendiri ya Sobat. Menggunakan 2 kaki dengan kaki kiri pada pedal rem dan kaki kanan pada pedal gas saat berkendara, membuat kaki kanan tidak perlu berpindah pindah posisi. Saat berakselerasi dan berhenti, kaki kanan tidak mudah lelah. Respon antara gas dan rem akan lebih baik karena posisi kaki sudah siap di masing-masing pedal. Mengendarai Mobil Matic. Pakai 1 Kaki atau 2 Kaki? Namun menggunakan 2 kaki kurang disarankan untuk kebiasaan berkendara sehari-hari nih sobat, apalagi di tengah lalu lintas yang tergolong cukup ramai. Sebab gaya berkendara seperti ini dapat membahayakan pengemudi dan pengendara lainnya pada saat rem mendadak (hard braking). Kaki kiri akan menginjak rem dengan kuat sementara dikhawatirkan kaki kanan masih menginjak gas.

Untuk pengemudi yang tergolong pemula tentu saja hal ini bisa berbahaya, alih-alih mobil berhenti, bisa jadi mobil tetap melaju bahkan hilang kendali. Selain itu, hal tersebut juga bisa mengakibatkan rusaknya gearbox mobil dan sistem pengereman di kaki-kaki mobil.

Berkendara Mobil Matic Menggunakan 1 kaki

Menggunakan 1 kaki dengan kaki kanan sebagai pengontrol pedal gas dan rem adalah cara berkendara paling umum untuk mobil bertransmisi otomatis. Kelebihan daru gaya berkendara ini yang pasti akan lebih aman ketika dipakai harian, karena dengan kaki kanan sebagai pengontrol utama, saat mengerem feelingnya akan jauh lebih terasa tekanannya apabila dibanding menggunakan kaki kiri. Terlebih lagi sudah lebih pasti gas tidak ditekan saat melakukan pengereman sehinggai mengurangi risiko mobil tetap meluncur. Kaki kiri juga menjadi lebih santai dan tidak cepat lelah karena hanya diletakkan di footrest.

Tentu saja jika hanya bertumpu pada kaki kanan, maka beban yang diberikan pada masing-masing kaki akan berbeda. Kaki kanan akan terasa lebih cepat lelah karena pengemudi harus berpindah-pindah posisi kaki antara gas dan rem.


Lihat juga: Tips Berkendara Aman di Era New Normal


Jika demikian, lebih baik yang mana nih? Mengendarai mobil matic dengan 1 kaki atau 2 kaki?

Semua kembali lagi ke pengemudi, bagaimana nyamannya berkendara ya Sobat. Namun jika untuk berkendara sehari-hari lebih disarankan menggunakan 1 kaki, yaitu kaki kanan sebagai pengontrol 2 pedal dan kaki kiri berada di footrest. Itulah fungsi utama footrest di mobil matic yang sebenarnya, ditujukan agar kaki kiri bisa lebih rileks dan nyaman saat berkendara.

Jusri Pulubuhu sebagai Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC) Juga mengatakan sebaiknya menggunakan 1 kaki sebagai pengontrol gas dan rem.

“Kalau untuk mengemudi sehari-hari, paling aman dengan satu kaki saja, yaitu kaki kanan. Ini karena pengemudi bisa merasakan feeling untuk mengontrol tekanan ke pedal gas dan pedal rem,” ujar Jusri.

Jusri menambahkan, penggunaan 2 kaki memang berbahaya untuk di jalan raya karena jika rem mendadak dapat membahayakan pengguna jalan lain, namun sebenarnya sangat bermanfaat jika dilakukan dalam dunia balap. Respon pengereman dan akselerasi yang jauh lebih cepat menjadi faktor pertimbangan penggunaan 2 kaki di sirkuit balap.

Nah, sampai di sini Sobat OTR sudah tahu dong, mana yang lebih baik untuk digunakan sehari-hari? Mari kita berkendara dengan lebih aman sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan juga pengendara lain.

Itu tadi perbedaan dalam gaya berkendara mobil matic dan juga kelebihan serta kekurangannya. Tidak lupa juga, kalau Sobat sedang berencana membeli mobil impian, Sobat bisa mengunjungi:
Website: otr.id
Instagram: @otr_id
Facebook: OTR.ID
Telepon: (021) 2245 9888

Di masa PSBB ini, Sobat tidak perlu keluar rumah untuk membeli mobil baru, tinggal hubungi OTR.id dan kami akan mengurus semuanya sampai mobil dikirim ke rumah Sobat. Tunggu apalagi? Urusan Mobil Baru, OTR.id Aja!