Penyebab AC Mobil Bau dan Cara Mengatasinya

Penyebab AC mobil bau dan cara mencegahnya - Ac mobil yang bau memang membuat kita tidak nyaman berada di dalam mobil. Padahal mobil masih tergolong baru, kok bisa ? apa aja sih faktor yang bikin AC mobil jadi bau ? naaahh pas banget nih sobat OTR baca dulu artikel ini biar langsung bisa jaga - jaga. Tanpa ba bi bu lagi langsung aja kita bahas penyebab AC mobil bau, dan cara mencegahnya.

Penyebab AC Mobil Bau

1. Peyebab dari bau apek atau asem pada ac mobil adalah debu dalam kabin dan interior. Adanya debu tersebut yang jarang dibersihkan akan masuk ke dalam sistem ac pada bagian evaporator akan menumpuk dan berjamur, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi sobat OTR harus selalu rajin membersihkan, dan bila karpet pada mobil lembab atau kotor, keluarkan dan jemur agar kering dan bersihkan. Bersihkan pula evaporator dengan disemprotkan air agar kotoran yang terperangkap dapat larut terbawa air. Bila dirasa sobat OTR tidak mampu membersihkannya sendiri maka sobat OTR dapat membawanya ke bengkel khusus untuk perawatan AC mobil.

2. Bila dirasa bau apek tersebut memang belum hilang, sobat OTR dapat membawa mobil anda ke tempat yang menyediakan udara segar, kemudian nyalakan ac sambil membuka jendela dan pintu selama sepuluh menit agar bau yang tidak sedap tersebut dapat tergantikan dengan udara segar dari alam. Dengan sirkulasi udara dari luar ke dalam mobil tersebut, anda dapet menjaga kesegaran dalam ruangan mobil anda.

3. Jika poin - poin diatas sudah anda lalukan, untuk pencegahan jangan menggunakan parfum mobil yang murah namun tidak berkualitas. Ini dikarenakan kesegaran ruangan interior mobil anda yang menjadi taruhannya. Pilih pewangi ruangan yang telah diakui di pasaran dengan kualitas baik. Walaupun memang harganya sedikit lebih mahal, namun kepuasan adalah yang utama.

4. Untuk langkah antisipasi agar tidak muncul kembali bau yang tidak sedap tersebut. Maka disarankan jangan membiasakan jendela mobil dibuka ketika ac mobil sedang menyala. Ini dikarenakan debu akan mudah masuk dan mengotori kembali sistem ac mobil anda.

5. Selain itu jika makan di dalam mobil tetap selalu membersihkan sisa remah - remah makanannya untuk menghindari bau tidak sedap muncul kembali. Membuang sampah di mobil termasuk dalam kebiasaan buruk yang membuat ac cepat rusak

TIPS Menghindari Bau dari AC Mobil

1. Disarankan tidak merokok di dalam mobil, karna asap rokok akan menempel pada evaporator AC mobil

2. Disarankan tidak makan di dalam mobil, karna makanan yang jatuh berserakan di mobil dan tidak langsung dibersihkan akan membuat evaporator mobil menjadi bau

3. Disarankan tidak membawa makanan yang berbau tajam di dalam mobil, kalaupun tetap ingin membawa. Kami sarankan untuk membeli box termoses ukuran kecil yang selalu stand by di letakan di bagasi mobil.

4. Disarankan tidak menggunakan parfum mobil dengan kualitas rendah.

5. Menjaga kebersihan interior mobil. Khususnya dari karpet sebelah kiri, karena disinilah posisi debu dan kotoran yang akan dihisap kedalam evaporator AC mobil.

6. Bersihkan kabin mobil se-sering mungkin, sehingga bakteri dan kotoran tidak masuk ke dalam AC mobil.

7. Gunakan filter kabin (apabila standar mobilnya sudah bisa dipasang filter ini, karena tidak semua mobil terdapat dudukan filternya).

8. Disarankan jangan membuka kaca saat AC mobil sedang menyala. Karna debu yang masuk dalam kabin akan dihisap oleh evaporator dan menjadikan evaporator berdebu.

Nahh itu dia penyebab dan pencegahan AC mobil yang bau, gimana sobat OTR ? udah membersihkan mobilnya dengan teratur belum ? kalo belum coba kita biasakan dalam menjaga kebersihan di dalam mobil, bukan cuma baik buat AC mobil, tapi juga baik buat kesehatan kita !!

Jalan Boulevard Raya Blok QF 1 No. 1, RT.11/RW.12, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.
(+62) 212452-2888