Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Cuti Bersama Lebaran di Akhir tahun, Inilah Tips Persiapan Mudik Aman


Cuti Bersama Lebaran di Akhir tahun, Inilah Tips Persiapan Mudik Aman Admin, Selasa 24 November 2020

Tips Mudik Aman di Akhir Tahun 2020 – Oleh karena pandemi Covid-19 yang mewabah di sepanjang tahun ini, pemerintah telah mengubah jadwal cuti bersama Idul Fitri yang seharusnya diberikan pada pertengahan Mei 2020, menjadi di akhir Desember 2020 mendatang. Seperti diketahui, total ada empat hari cuti bersama Idul Fitri, yaitu di tanggal 28, 29, 30 dan 31 Desember, yang mana bersinggungan dengan libur Natal, tahun baru dan akhir pekan. Sehingga para pekerja libur selama 11 hari, sejak tanggal 24 Desember 2020 sampai dengan 3 Januari 2021.


Lihat Juga: Mengenal Teknologi Transmisi Tiptronic Pada Mobil Matic


Meskipun Presiden Jokowi baru-baru ini memerintahkan untuk meninjau ulang jumlah hari dari rencana cuti bersama akhir tahun ini, namun pastinya sebagian dari Sobat OTR sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halaman. Di sini OTR.id akan membagikan beberapa tips bagi Sobat yang hendak mudik ataupun liburan ke kampung halaman dengan mobil pribadi, agar aman di perjalanan.

Memeriksa Keadaan Mesin Mobil dan Penunjangnya


Cuti Bersama Lebaran di Akhir tahun, Inilah Tips Persiapan Mudik Aman Inilah hal pertama dan tidak bisa tidak dilakukan, Sobat perlu memastikan untuk memeriksa keadaan mesin pada mobil, jika mesin terdengar kasar dan terdapat bunyi aneh yang mengganggu, segeralah bawa mobil ke bengkel. Ada baiknya melakukan service mobil pribadi sebelum sobat melakukan perjalanan panjang untuk mengecek minyak rem, minyak pada kopling, air radiator, accu, oli mesin, serta air wiper terisi sesuai dengan takarannya.


Lihat Juga: Suzuki Swift 2020 Terbaru


Sobat juga perlu melihat kondisi lampu depan mobil, lampu rem yang ada di belakang, lampu sein, dan cek bagian soket pada bagian lampu depannya. Kondisi lampu ini akan sangat berguna saat Sobat berkendara di malam hari

Jangan lupa memperhatikan bagian karet wiper pada kaca apakah masih bagus dan mampu membersihkan kaca mobil dengan cepat serta masih berfungsi dengan baik . Karena pada saat kondisi jalanan sedang hujan, Sobat akan sangat kesulitan melanjutkan perjalanan.

Memeriksa Keadaan Ban dan Rem juga Ban Serep untuk Emergency


Cuti Bersama Lebaran di Akhir tahun, Inilah Tips Persiapan Mudik Aman Sobat harus melihat ban, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Jangan segan untuk mengganti ban yang sudah botak agar perjalanan nyaman dan jauh dari kecelakaan akibat kondisi ban yang buruk. Dan pastikan tekanan angin ban sesuai dengan anjuran pabrikan sekitar 32 atau 35.


Lihat Juga: Berkenalan dengan Nissan Kicks e-Power


Periksa pula kondisi rem tromol, rem cakram dan kampas rem pada mobil sobat pada saat melakukan service. Pemeriksaan terakhir yang bisa dilakukan sobat sendiri untuk mengetahui kondisi rem mobil adalah dengan melakukan pemeriksaan fungsi dan kerja pedal rem saat diinjak. Tujuan utama pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui kondisi booster rem, apakah ia bekerja dengan baik atau tidak.

Sesuai dengan kegunaannya, ban serep sangat penting jika terjadi ban bocor di tengah perjalanan. Dengan ban serep, Sobat bisa langsung mengganti ban yang bocor. Periksalah ban serep apakah dalam kondisi yang baik, pastikan tidak ada retakan permukaan karet ban dan alur masih bagus. Jika Sobat menggunakan mobil tipe Roadster, Sport, atau EV yang tidak memiliki ban serep, cek kelengkapan toolkit untuk memperbaiki ban dan kuasai cara memperbaikinya.

Persiapkan Perangkat Pendukung


Menyediakan perangkat pendukung mobil, seperti dongkrak, kotak P3K, serta alat darurat lainnya. Perangkat tersebut sangat dibutuhkan saat kendaraan Sobat mengalami masalah sehingga harus tersedia di dalam mobil. Sobat juga harus menyiapkan kartu uang elektronik dan memastikan saldo pada kartu Sobat cukup dalam perjalanan agar kenyamanan berkendara tidak akan terganggu.

Persiapkan Obat-Obatan, Makan dan Minuman Sesuai Kebutuhan


karena masih dalam kondisi New normal pastikan sobat semua tetap menjaga protokol kesehatan dari pemerintah, jangan lupa membawa masker, hand sanitizer dan obat-obatan yang dibutuhkan. jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah karena lebih terjamin kehigienisannya.

Nah itulah kiranya beberapa tips dari OTR.id untuk mudik dengan kendaraan pribadi secara aman. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas bisa berfungsi untuk menjadi bahan referensi sobat yang akan melakukan perjalanan mudik saat cuti bersama di akhir tahun.

Yang terakhir namun tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Karena dengan berdoa tentu saja sobat akan selalu di dalam lindungan Yang Maha Kuasa. Dengan begitu perjalanan mudik bakal terasa lebih berkesan dan juga lebih aman.