Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Mengenal Teknologi Transmisi Tiptronic Pada Mobil Matic


Mengenal Teknologi Transmisi Tiptronic Pada Mobil Matic Admin, Jumat 17 November 2020

Fitur Tiptronic – Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat dan tak terkecuali dalam bidang otomotif. Semakin hari, para produsen kendaraan bermotor, lebih spesifiknya mobil, bersaing menciptakan teknologi terbaru untuk memudahkan pengguna produknya. Salah satu yang terbaru dan hampir diterapkan pada sebagian besar mobil jkelas menengah ke atas adalah teknologi bernama Tiptronic atau juga dikenal dengan Paddle Shift. Mungkin teknologi ini terdengar asing bagi beberapa orang, apakah sobat pernah mendengarnya?

Teknologi ini merupakan gabungan antara transmisi manual dan otomatis alias matic. Dengan kata lain, pengendara dapat merasakan sensasi mengendarai mobil dengan transmisi manual tanpa perlu repot mengatur dan menginjak kopling terlebih dulu untuk melakukan perpindahan gigi. Namun fitur ini tidak disarankan dipakai terlalu sering karena dapat mengurangi umur transmisi otomatis.


Lihat Juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport 2020


Keunggulan Transmisi Tiptronic



Mengenal Teknologi Transmisi Tiptronic Pada Mobil Matic Transmisi Tiptronic ini pada awalnya diperkenalkan secara publik oleh produsen mobil-mobil Eropa, seperti Porsche, Lamborghini, Land Rover, dan Volkswagen. Namun sekarang produsen mobil keluaran Asia juga sudah menerapkan teknologi terbaru ini pada produk-produknya.

Sobat pasti bertanya-tanya, apa kelebihan dari teknologi canggih ini dibandingkan dengan transmisi manual dan matic pada umumnya? Jawabannya terletak pada akselerasi, mobil berbasis teknologi ini akan memiliki akselerasi yang hampir mirip dengan mobil bertranmisi manual dan jauh lebih baik daripada transmisi matic biasa.

Ada satu lagi nilai plus dari mobil yang memiliki teknologi ini yaitu, mobil yang menggunakan tiptronic akan terkomputerisasi dengan baik. Jadi, pengemudi dapat menggunakan mode manual dengan memindahkan gigi sendiri atau dapat menjadi mobil matic secara total. Teknologi ini sangat memudahkan pengemudi untuk merasakan sensasi berkendara yang lengkap.

Cara menggunakan Transmisi Tiptronic Secara Optimal



Gunakan Saat Dibutuhkan

Mobil yang berteknologi transmisi Tiptronic ini memungkinkan sobat berkendara dengan mode matic dan mode manual tanpa harus menginjak kopling lagi. Namun, jika sobat ingin menggunakan mode manual sebaiknya hanya digunakan saat perlu saja. Contohnya saat berkendara di dalam kota dan kondisi jalan macet. Dengan mode manual ini, pada saat gigi satu, gas mobil tidak akan menyala pada saat menggunakan mode matic tentunya hal ini akan menghemat bahan bakar. Tapi beda halnya saat sobat mengemudi di jalan yang bebas hambatan, akan lebih disarankan menggunakan mode matic supaya sobat lebih mudah dalam berkendara.

Pastikan Kondisi Mesin Dan CVT Dalam Keadaan Sehat

Mobil yang disematkan fitur tiptronic biasanya digabungkan dengan teknologi Continuosly Variable Transmission atau yang biasa kita kenal dengan nama CVT. Teknologi ini tidak menerapkan gerigi pada saat perpindahan gigi sehingga jumlah nya tak terbatas. Dengan bantuan teknologi komputer sehingga kedua teknologi ini menghasilkan kesan perpindahan gigi benar terjadi.

Ganti Oli Transmisi Secara Rutin

Dikarenakan mobil yang menggunakan Tiptronic ini bisa dipastikan adalah mobil matic, jadi mesin akan tetap bekerja walaupun mobil dalam kondisi berhenti atau diam di tengah macet. Maka dari itu, mengganti oli secara rutin adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Apabila sobat merasakan perpindahan gigi kasar atau terhambat saat menggunakan mode manual, itu tandanya sobat perlu mengganti oli transmisi dan jika terus dipaksakan transmisi akan menjadi tidak optimal, kemungkinan juga dapat merusak transmisi itu sendiri.

Secara keseluruhan Tiptronic memang memudahkan pengendara dalam merasakan sensasi tarikan mobil matic yang lebih baik, dan pastinya kita sebagai pengemudi harus lebih bijak lagi dalam menggunakan teknologi ini agar umur transmisi mobil menjadi lebih awet.

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan teknologi ini secara agresif dan menggunakan nya secara terus menerus, supaya tidak memberatkan kerja transmisi mobil matic. Nah, apakah mobil sobat saat ini sudah ada fitur Tiptronicnya?

Seperti yang OTR.id sudah sebutkan sebelumnya, Tiptronic saat ini sudah dapat ditemukan di mobil-mobil kelas menengah dan seterusnya. Contoh mobil dengan Tiptronic yang paling sering kita temui adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, dan Honda CR-V.

Nah jika Sobat OTR juga tertarik dalam memiliki mobil dengan teknologi Tiptronic, sobat bisa langsung kunjungi website OTR.id dan di sana, sobat bisa cek harga mobil, simulasi perhitungan kredit, dan juga menghubungi sales representatif dengan menekan tombol telepon ataupun Whatsapp. Itu tadi informasi mengenai teknologi Tiptronic, semoga info ini bisa berguna buat sobat semua. Jangan lupa, Urusan Mobil Baru, Klik OTR.id Aja!