Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan


Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan Admin, Selasa 01 Desember 2020

Waspada Serangan Karat pada Mobil - Meskipun sekarang hujan tidak turun setiap hari di akhir tahun 2020 ini, OTR.id tidak bosan-bosannya dalam mengingatkan Sobat untuk terus memperhatikan, merawat dan menjaga mobil kesayangan Sobat. Salah satu masalah yang kerap timbul di musim penghujan pada mobil yaitu ancaman karat yang bisa terjadi di beberapa titik bagian mobil. Sekali mobil terkena karat, akan berbahaya karena karat bisa menyebar dan membuat kondisi mobil lebih rapuh.


Lihat Juga: Asuransi Mobil, Perlukah?


Supaya bisa terhindar dari karat, yuk ikuti tips OTR.id dalam menjaga mobil di kala musim hujan agar mobil selalu dalam kondisi yang prima dan aman untuk dibawa berkendara menemani aktivitas Sobat kapan saja.

Periksa dan Perbaiki Bodi Mobil


Area yang paling luas dari sebuah mobil adalah bodi eksternalnya. Pabrikan otomotif pastinya sudah mengantisipasi akan kemungkinan karat pada bodi mobil dengan melapisinya menggunakan cat berkualitas yang tahan air dan dapat melindungi mobil dari cuaca. Namun terkadang namanya mobil dipakai, ada saja goresan atau penyok pada bodi dan membuat cat mobil terkelupas.

Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan Sobat perlu melakukan pengecekan pada bagian-bagian yang terdapat goresan atau penyok tersebut, jika cat terkelupas, langkah yang paling tepat adalah membawanya ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Memang jika goresan atau penyok masih baru, bodi mobil yang terkelupas tidak langsung berkarat, namun jika di tengah musim penghujan dan kondisi cuaca yang lembap, karat dapat mulai muncul dalam 2-3 minggu saja. Jika karat sudah muncul, bagian bodi mobil yang ada di sekitar goresan tersebut bisa ikutan berkarat meskipun tertutup cat, nah ini yang lebih berbahaya Sobat!


Lihat Juga: Mobil Aman Terlindungi Asuransi Membuat Hati Tenang


Jika perbaikan sudah dilakukan, tidak ada salahnya juga jika sobat mau menambahkan lapisan pelindung cat mobil seperti contohnya nano ceramic coating yang mampu memberikan perlindungan ekstra pada cat bodi mobil.

Pastikan Komponen Kaki Mobil Bekerja dengan Baik


Beberapa komponen pada mobil juga perlu dicek nih Sobat, seperti kaki-kaki mobil, ban, dan rem. Bagian-bagian ini adalah bagian yang cukup vital pada sebuah mobil dan perlu dipastikan kondisinya. Jika Sobat mengerti dalam mengecek bagian-bagian ini, Sobat bisa melakukan pengecekan di rumah, pastikan semua bagian tidak ada yang berkarat atau keropos. Karena bagian ini paling banyak bersentuhan dengan jalan, maka cara terbaik untuk mengeceknya adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu, supaya tidak tersamarkan dengan kotor cipratan lumpur.

Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan Namun apabila Sobat tidak terlalu paham dalam mengecek komponen-komponen ini, bawalah mobil kesayangan Sobat ke bengkel untuk dilakukan service rutin berkala.

Periksa Wiper Mobil


Wiper mobil juga sangat penting nih Sobat, istilahnya bagian ini adalah senjata tempur mobil di tengah hujan. Tanpa wiper, pandangan pengendara jadi sangat terbatas di tengah guyuran hujan. Cek kondisi wiper di bagian lengannya (wiper arm) yang tersambung pada penggerak wiper. Ini adalah bagian yang mungkin berkarat karena yang biasanya diganti secara regular adalah bagian wiper blade, sehingga penggunaan wiper arm dalam kurun waktu yang lama bisa membuat cat-nya terkelupas dan rentan terhadap karat.


Lihat Juga: Berkendara Aman di Saat Hujan dan Banjir


Tak lupa juga, karet pada wiper arm perlu diganti apabila sudah tidak bisa menghapus air pada kaca mobil dengan sempurna atau karet sudah mengeluarkan bunyi-bunyi saat wiper dijalankan yang menandakan kualitas karet sudah menurun.

Perhatikan Cara Berkendara


Karat pada mobil menjadi berbahaya jika mobil dipakai, apalagi saat menerobos hujan. Jikapun Sobat belum sempat melakukan pengecekan-pengecekan di atas, Sobat tetap bisa mengantisipasi keadaan-keadaan yang tidak diinginkan dengan berkendara lebih aman. Memperhatikan laju kendaraan Sobat adalah yang utama, kurangi kecepatan sekitar 20% sampai 30% dari kecepatan normal serta jaga jarak dengan mobil depan. Hal ini bisa mengantisipasi rem mendadak dan tidak membuat mobil lepas kembali jika kaki-kaki tidak dalam kondisi yang baik atau ban sudah aus saat terjadi rem mendadak. Nah itulah tips dari OTR.id supaya Sobat dapat mengantisipasi dan menjaga kondisi mobil Sobat, serta lepas dari bahayanya karat pada mobil. Untuk menjaga kondisi mobil, apalagi perlu perbaikan pasti perlu menyediakan kocek yang cukup lumayan, karena harga body repair ataupun service lainnya memang terbilang tidak murah jika terjadi kerusakan. Untuk mengurangi biaya tidak terduga ini, sebetulnya Sobat OTR bisa mendaftarkan mobil ke dalam asuransi mobil yang komprehensif, sehingga biaya-biaya perbaikan yang lumayan tadi bisa dilindungi oleh asuransi mobil.

Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan Jika Sobat OTR mau mendaftarkan mobil ke asuransi, Sobat bisa langsung mengunjungi beranda website OTR.id, pilih Asuransi Mobil dan mendaftar di sana. Banyak pilihan penyedia jasa asuransi dan berbagai perlindungan serta penawaran dengan promo yang menarik tersedia di OTR.id. Kalau Sobat masih bingung mengenai asuransi mobil, jangan sungkan untuk menghubungi kami lewat telepon atau chat Whatsapp. #PakaiMobilAmanHatiTenang