Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya!


Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya! Admin, Selasa 22 September 2020

Hyundai Siap Luncurkan Mobil Listrik Termurah – Setelah ramai dengan berita masuknya mobil listrik kawakan milik Elon Musk, Tesla, ke Indonesia, kali ini santer terdengar kabar bahwa Hyundai, pabrikan mobil raksasa asal Korea bersiap melakukan hal yang serupa.

Sobat OTR yang menanti-nanti adanya mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau, saat ini sudah bisa sedikit merasa lega. Pasalnya, sejak masuknya Tesla di Indonesia, keberadaan mobil listrik di Indonesia terkesan dimonopoli oleh brand mobil asal Amerika tersebut. Namun, dengan rencana dari Hyundai ini, persaingan di pasar mobil listrik Indonesia akan menjadi lebih berwarna.

Brand asal korea ini menunjukkan keseriusannya dengan menyiapkan BEV (battery electric vehicle) unggulannya yaitu KONA Electric dan IONIQ Electric untuk dipasarkan di Indonesia. Kedua mobil listrik ini diperlengkapi dengan berbagai fitur menawan yang dikemas secara futuristik, serta menggunakan teknologi yang ramah lingkungan.


Lihat juga : All New Corolla Cross Launching di Indonesia


Berbeda dengan KONA yang sudah dipasarkan secara global sejak 2019 silam, khusus kali ini OTR akan membahas tentang Hyundai IONIQ Electric, mobil listrik yang baru launching di tahun 2020 ini. Supaya Sobat OTR lebih mengenal mengenai mobil dari Hyundai ini, yuk simak pembahasannya bersama.

Desain Eksterior

Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya! Desain eksterior Hyundai IONIQ Electric ini cukup futuristik, Hyundai tergolong berani mengenai tampilan wajah mobil ini, karena menggunakan front grille desain baru yang tertutup. Aksen di pilar A memanjang ke pilar B di kedua sisi mobil ini juga memeberikan aura mewah pada Hyundai IONIQ.

Di bagian lampu, baik untuk head lamp dan rear combination lamps sudah menggunakan LED DRL. Adanya lis yang tersambung antar lampur belakang ini juga menunjukkan Hyundai berani dalam desainnya. Tidak main-main, bukan list tempelan plat besi, chrome, maupun plastik, lis ini berfungsi juga sebagai kaca belakang bagian bawah karena tembus pandang ke bagian dalam mobil. Hal ini membuat tampilan belakang Hyundai IONIQ lebih elegan.

Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya! Di bagian kaki-kaki, pemilihan rodanya memakai ukuran 205/60/R16.


Desain Interior

Sedangkan interiornya, sedan liftback ini terlihat cukup mewah dengan dilengkapi heated and ventilated front seat, leather seat dengan lumbar support pada bagian driver, dan push start -stop button dengan smart key dan immobilizer.

Sistem hiburannya menggunakan layar sentuh selebar 7 inchi high definition TFT-LCD cluster information. Sistem audio ini juga mendukung konektivitas Android Autolink dan Apple Car Play, yang dilengkapi dengan fitur aux, USB, iPod dan Bluetooth. 

Setir Hyundai IONIQ sudah dilengkapi dengan fungsi tilt dan telescopic serta audio remote untuk memudahkan pengemudi mengatu audio selama berkendara.

Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya! Tak ketinggalan ada electronic gear shift button, paddle shifter (regenerative brake control), dan inside rear view mirror dengan ECM (electronic chromic mirror).

Fitur keselamatan juga sudah, dilengkapi dengan adanya 7 airbag (driver & passenger), side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, knee (driver). Tidak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi parking distance warning, rear view monitor, dan tire pressure monitoring system.

Sedangkan untuk kenyamanan berkendara, Hyundai IONIQ Electric memiliki tiga mode berkendara, yaitu Eco, Sport, dan Normal dengan transmisi single speed reduction gear yang dilengkapi electric parking brake dengan autohold.

Hyundai Bersiap Luncurkan Mobil Listrik yang Termurah di Kelasnya!


Sumber Tenaga Hyundai IONIQ

Hyundai IONIQ Electric ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW, yang mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi IONIQ Electric sebelumnya. Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai IONIQ Electric diklaim dapat menempuh jarak perjalanan sejauh 373 kilometer (berdasarkan NEDC).

Dengan motor elektronik, Nnew Hyundai IONIQ Electric memberikan tenaga maksimum 134 dk (100 kW) dengan torsi 295 Nm dan dilengkapi standar dengan charger on-board 7,2 kW.

Untuk pengisian daya, dengan menggunakan stasiun pengisian cepat (fast charging station) 100 kW, baterai New Hyundai IONIQ Electric dapat mencapai 80 persen pengisian dalam waktu 54 menit saja. Sementara pada stasiun pengisian cepat 50 kW, baterai Hyundai IONIQ Electric mencapai 80 persen dalam waktu 57 menit. Dibutuhkan waktu minimal 6 jam 5 menit untuk mengisi baterai Hyundai Ioniq Electric dari indikasi baterai 0 persen ke 80 persen dengan daya standar AC (240 V).


Harga Hyundai IONIQ

Bagimana dengan harganya? Hyundai IONIQ diperkirakan dapat dibanderol di harga Rp 500jt-an off the road (OTR) dengan perkiraan sekitar 600 jt-an untuk harga on-the-road (OTR). Harga ini memang cukup tinggi dibandingkan mobil konvensional berbahan bakar minyak, namun jika dibandingkan dengan mobil listrik yang saat ini beredar di Indonesia, tentu harga ini terbilang relatif lebih murah.

Sebagai bahan pertimbangan, kelebihan dari mobil listrik ini tentu saja kita tidak lagi perlu mengisi bahan bakar di pom bensin, antri 10 – 15 menit untuk mengisi bahan bakar. Pengisian daya dapat dilakukan di rumah dan charging station. Memang, saat ini charging station belum tersedia sebanyak pom bensin di Indonesia, jika nantinya sudah tersedia di banyak tempat, memiliki mobil listrik akan jauh lebih menenangkan hati.

Penggunaan mobil listrik tidak menghasilkan gas emisi yang secara tidak langsung mengurangi pencemaran lingkungan. Dari segi kenyamanan bisa dipastikan sangat baik karena tidak ada lagi deru mesin di dalam kabin mobil. Sangat cocok untuk para pemilik mobil yang ingin kenyamanan maksimal dalam kabin.


Lihat juga: Tips Memilih Mobil Baru yang Tepat


Kita masih menanti jadwal peluncuran Hyundai Electric Vehicle di Indonesia, namun desas-desusnya, hari yang dinanti akan semakin dekat dan Hyundai akan membuka indent untuk mobil yang satu ini.

Jika Sobat OTR tertarik memiliki mobil listrik dari Hyundai, OTR.id juga sudah bekerja sama dengan Hyundai. Sehingga nantinya Sobat bisa melakukan pemesanan Hyundai IONIQ maupun KONA Electric lewat OTR.id, jadi tunggu update selanjutnya ya! Urusan Mobil Baru, OTR.id Aja!