Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil


Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Admin, Jum'at 18 September 2020

Fungsi Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil – Maraknya perkembangan otomotif di Indonesia membuat pabrik-pabrik mobil bersaing menciptakan mobil yang sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menambahkan aksesoris eksterior yang membuat tampilan mobil semakin gagah, contohnya seperti ubahan yang dilakukan Mitsubishi pada Xpander dengan menambahkan aksesoris seperti roof rail, tailgate garnish, dan sill plate yang membuatnya menjadi Xpander Cross.


Lihat juga: Spesifikasi, Review dan Harga Mitsubishi Xpander Cross


Meski sudah banyak upgrade dan facelift yang dilakukan pabrikan besar, tetap ada saja pengguna yang masih kurang puas dengan mobil standar ciptaan pabrik. Tidak sedikit yang memodifikasi tampilan mobilnya sesuai dengan keinginan mereka karena tidak ingin menjadi sama dengan pengguna lainnya atau biasa disebut anti-mainstream.

Sobat perlu tahu juga bahwa di dalam dunia permodifan mobil sendiri ada bermacam macam juga lho alirannya. Salah satu contoh aliran modifikasi mobil yang ramai di Indonesia yaitu JDM, JDM sendiri singkatan dari Japanase Domestic Market yang merupakan jenis modifikasi mobil menggunakan komponen - komponen import langsung dari Jepang dan memiliki ciri khas tersendiri. Juga kebanyakan komponen mobil JDM juga tidak dijual di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, semakin ke sini sudah ada beberapa pabrik lokal yang menyediakan komponen-komponen aksesoris untuk modifikasi eksterior mobil. Nah, mungkin Sobat OTR sudah sering mendengar nama dari aksesoris tersebut bahkan menggunakannya, namun apakah Sobat tahu betul untuk apa fungsinya?

Fungsi Sayap Mobil (Spoiler)

Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Sayap mobil atau Spoiler banyak ditemukan pada mobil-mobil jaman sekarang, pemberian spoiler belakang ini pastinya ditujukan sebagai pemanis mobil yang mereka luncurkan sehingga memikat hati para konsumen. Tapi apakah Sobat tahu untuk apa komponen ini dipasang pada mobil, selain membuat mobil semakin keren dan terlihat sporty? Ada juga manfaat lainnya lho.

Pemasangan spoiler belakang berpengaruh pada aerodinamika mobil, spoiler menambah daya tekan ke bawah atau downforce mobil dan mengurangi daya lift up atau daya angkat mobil ke atas saat dalam kecepatan tinggi. Ini membuat mobil lebih stabil dalam dikendalikan saat melaju. Spoiler tentunya sangat bermanfaat ketika dipakai balapan di sirkuit.

Fungsi Diffuser

Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Aksesoris selanjutnya yaitu Diffuser. Diffuser adalah salah satu komponen yang juga dapat mempengaruhi aerodinamika pada mobil selain spoiler, tujuan penggunaan diffuser pada mobil lebih tepat nya pada bagian bawah yaitu supaya aliran udara yang bergerak melalui bawah mobil ketika lebih terkendali alurnya saat berkecepatan tinggi.

Dari segi tampilan, diffuser membuat tampilan belakang mobil semakin terlihat garang dan macho karena desainnya seperti sirip yang tajam. Karena diffuser ini adalah salah satu aksesoris yang disukai pada penggina mobil, produsen mobil pun berbondong-bondong menyediakan diffuser pada mobil harian yang bertujuan untuk menambah gaya tampilan mobil yang mereka produksi.


Lihat juga: Asuransi Mobil, Perlukah?


Bagi Sobat yang mau memasangkan diffuser aftermarket, Sobat perlu memasang pada ahlinya, karena jika salah pasang, bisa berdampak buruk apalagi untuk berkendara di kecepatan yang tinggi.

Fungsi Body Kit

Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Nah sobat pasti pernah mendengarkan tentang body kit. Bagi yang belum tahu body kit itu apa, body kit mobil adalah tambahan yang dipasang di body asli mobil. Body kit biasanya terdiri dari bumper depan dan belakang, body bagian samping atau side skirt, side wing, dan kap mesin.

Selain membuat mobil semakin ganteng, aksesoris ini juga membuat mobil semakin gagah jika menggunakan body kit yang lebar. Body kit juga dapat mengoptimalkan aerodinamika mobil Sobat, maka dari itu bagian–bagian seperti bumper,side kirt atau wing memiliki perannya masing masing.

Bumper berfungsi sebagai peredam masuk nya angin kebawah mobil ketika melaju sehingga mobil lebih stabil dikendalikan, sedangkan side skirt / side wing berfungsi sebagai peredam tekanan angin pada sisi samping mobil.

Fungsi Roof Rail

Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Ini aksesoris yang paling berguna di masa lebaran nih Sobat. Saat ini beberapa mobil sudah dilengkapi dengan roof rail di atap. Selain memberikan kesan sporty di mobil, roof rail memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk meletakan roof box.

Roof rail memang difungsikan untuk penambahan bagasi di atap mobil. Sehingga pabrikan memberikan roof rail jika pemilik mobil membutuhkan bagasi tambahan berupa roof rack atau roof box.

Fungsi Skid Plate

Seperti yang sudah OTR contohkan pada Mitsubishi Xpander Cross di atas, aksesoris yang satu ini punya fungsinya tersendiri. Ini adalah satu-satunya aksesoris eksterior mobil yang paling tidak terlihat jika Sobat hanya melihat mobil dengan sekilas.

Skid plate merupakan inovasi sekaligus solusi yang ditujukan bagi kebanyakan mobil besar atau mobil-mobil off-road. Ganasnya medan off-road bisa membuat mobil gahar 4x4 bisa menyerah lantaran mesin terkena batu maupun partikel lainnya yang mungkin merusak perangkat vital dari mobil.
Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Skid Plate dipasang di permukaan bawah mobil sebagi perisai, inilah mengapa aksesoris yang satu ini tidak terlihat. Umumnya perisai bagian bawah ini terbuat dari plat besi, namun ada juga yang terbuat dari alumunium, bahkan dari lembaran polyurethane.


Lihat juga: Tips Memilih Mobil Baru yang Tepat


Aksesoris ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang tinggal di daerah yang mana jalanannya belum diaspal dengan baik ataupun di daerah pegunungan.

Fungsi Air Scoop

Mengenal Aksesoris Modifikasi Eksterior Mobil Nah inilah aksesoris eksterior terakhir yang kita bahas. Air scoop sangat jarang ada di mobil baru di pasaran Indonesia. Fungsi air scoop sendiri sebagai pemasok angin langsung ke mesin agar pembakaran lebih maksimal membuat kinerja mobil jadi meningkat. Biasanya digunakan pada mobil yang bertenaga supercharger dikarenakan mobil tersebut membutuhkan banyak udara agar kinerja turbo supercharger meningkat.

Lain hal jika dipakai hanya untuk aksesoris dan di tempel begitu saja pada kap mesin tanpa ada nya akses untuk udara masuk ke mesin. Meskipun kelihatan bagus, justru modifikasi seperti ini hanya mengurangi kinerja mobil dengan menghambat aerodinamika mobil, sebab udara yang datang dari depan masuk ke air scoop namun tidak teralirkan kemana-mana.

Nah semoga info di atas menambah pengetahuan Sobat ya mengenai aksesoris eksterior tambahan pada mobil. Perlu atau tidaknya tentu saja kembali ke Sobat masing-masing. Karena kembali lagi fungsi dari masing-masing aksesoris juga berdampak berbeda terpengaruh dari daerah dan medan yang ada di sekitar tempat Sobat tinggal. Jika Sobat bingung menentukan mobil apa yang cocok untuk Sobat, konsultasikan kepada kami dan pastinya team OTR.id akan memberikan pilihan-pilihan yang tepat untuk Sobat. Urusan Mobil Baru, OTR.id Aja!