Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia?


Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia? Admin, Jumat 18 Desember 2020

Toyota GR Yaris - Toyota baru-baru ini telah mengumumkan penjualan Toyota GR Yaris untuk pasar Jepang asia dan sekitarnya. Bahkan semenjak pre order, pesanan GR Yaris secara online telah mencapai sekitar 6.000 unit di Jepang dan Eropa.

Pasca peluncuran Toyota GR Yaris, mobil ini telah banyak memberikan kehebohan di dunia otomotif. Selain bentuknya yang lebih kompak, hatchback pesaing Honda Jazz ini juga datang dengan berbagai penyempurnaan.

Kehadiran Toyota GR Yaris memang sudah menjadi buruan penikmat otomotif. Bahkan di Australia, dikutip dari carscoops, mobil ini langsung laris manis dalam enam hari penjualan. Alhasil, 1.000 unit yang sudah dialokasikan untuk pasar Australia habis tanpa tersisa. Bahkan pihak Toyota Australia telah melakukan restock untuk mobil ini .

Menurut Vice President Sales and Marketing Toyota Australia, Sean Hanley, pihaknya sengaja memberikan harga khusus untuk Toyota GR Yaris ini. Anehnya, jika melihat harga yang ditawarkan berikut dengan diskon, konsumen harus merogoh kocek sebesar AU$39,950 atau jika dikonversi ke Rupiah menjadi 426 juta rupiah. Terbilang harga yang cukup mahal untuk mobil kelas hatchback.

Toyota GR Yaris akhirnya masuk ke pasar otomotif Asia Tenggara. City car versi rally ini melakukan promo debutnya dalam gelaran Thailand Motor Expo 2020 beberapa waktu lalu. Menurut sumber, harga Toyota GR Yaris bisa mencapai THB2,7 jutaan atau Rp1,2 miliaran. Banderol ini 4 kali lipat lebih mahal dari varian tertinggi Toyota Yaris di Thailand, THB 679.000, setara 318 jutaan rupiah (Kurs THB 1= Rp 468).


Lihat Juga: Waspada Karat Pada Mobil di Musim Hujan


Toyota GR Yaris atau Gazoo Racing, merupakan model dengan spesifikasi balap mulai dari tampilan hingga beberapa komponen termasuk mesin. Tuner Gazoo Racing dikenal sebagai divisi racing yang membangun banyak mobil balap merek Toyota. Dengan hebohnya penjualan dari Toyota GR Yaris ini apakah sobat penasaran dengan spesifikasi dari mobil tersebut? Berikut ini OTR.id akan bahas spesifikasi dari Toyota GR Yaris.

Mesin Pada Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris tersedia dalam mesin berkapasitas 1.600 CC turbo. Mesin G16E-GTS 1.600 CC dengan 3 silinder turbo intercooler ini sanggup menghasilkan output 268 hp dengan torsi maksimum 370 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan berteknologi iMT (Intelligent Manual Transmission). Menariknya lagi, Toyota GR Yaris menggunakan sistem penggerak GR-4 AWD (all-wheel drive) yang diklaim lebih responsif dan ringan.
Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia? Berkat spesifikasi tersebut, Toyota GR Yaris bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 5,5 detik. Sementara itu, kecepatan maksimumnya bisa mencapai 230 km/jam. Untuk menahan lajunya, terpasang rem cakram 356 mm dengan kaliper 4 piston di depan dan belakang 294 mm 2 piston.

Eksterior pada Toyota GR Yaris

Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia? Toyota GR Yaris ini tampil berbeda dari generasi sebelumnya. Model yang diusung mengadopsi dari mobil reli mereka yang bertarung di ajang World Rally Championship (WRC). Di bagian depan mobil terdapat sebuah gril berukuran kecil menyatu dengan lampu depan yang menggunakan teknologi LED.

Di bawahnya ada sebuah lubang intake berukuran besar yang akan dengan mudah mendinginkan mesin mobil. Kesan elegan juga muncul pada penggunaan warna two-tone mobil dimana pada bagian bawah menggunakan cat warna putih dan di atasnya menggunakan warna hitam.
Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia? Panel pintu, tutup bagasi, hingga bodi bagian atas menggunakan panel atap yang terbuat dari bahan Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP) agar semakin kuat dan juga ringan. Panel bodi ini dibuat dengan metode cetakan Sheet Molding Compound yang memiliki tingkat kepresisian tinggi. Pelek BBS berdiameter 18 inch semakin menegaskan aura sporty Toyota GR Yaris ini.


Lihat Juga: Berkenalan dengan Nissan Kicks e-Power


Desain stoplamp LED (Light Emitting Diode)-nya yang membentuk huruf C. Berbeda dengan Toyota Yaris pada umumnya, untuk varian GR Yaris ini hanya tersedia model 3 pintu dengan desain pilar C yang unik dan tebal. Dua buah muffler yang tersemat pada diffuser bagian bawah seakan semakin menegaskan bahwa performa yang dimiliki oleh hot hatch lansiran Toyota ini tidak main-main.

Interior Toyota GR Yaris

Sama seperti Yaris versi umumnya, layout dashboard Toyota GR Yaris 2020 ini tetap menggunakan konsep clutter free interior dengan dua buah garis utama yakni bagian atas dan bagian bawah dasbor. Bedanya di GR Yaris ini didominasi warna hitam dengan logo GR pada bagian bawah setirnya. Pada dasarnya konsep ini mengedepankan keleluasaan dan kenyamanan kabin. Semua tata letak tombol juga dipusatkan dekat pengemudi agar membantu fokus pengemudi saat berkendara.
Laris Manis di Negara Tetangga, Kapan Toyota GR Yaris Masuk ke Indonesia? Jok yang di desain dengan model bucket seat atau layaknya kursi-kursi balap yang sering sobat lihat ini tersedia pada bagian penumpang depan dan pengemudinya. Dengan mengusung tema serba hitam jok pada mobil ini menggunakan material kombinasi antara kulit dan fabric dengan warna full black yang membuat kesan elegan dan luas pada kabin mobil. Desain headrest dibuat seolah menyatu dengan sandaran punggung ala Toyota kekinian yang menggunakan basis TNGA.

Audiohead masih berupa layar sentuh dengan Display Audio dan Data Communication Module yang dapat benar-benar tersambung dengan ponsel pintar Anda. Anda dapat menjalankan berbagai fitur ponsel pintar di head unit mobil ini. Audio Toyota GR Yaris ini juga dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay dan juga Android Auto. Dengan Dibekali setup audio dari JBL yang pastinya akan menghibur telinga sobat semua selama berkendara.

Dengan spesifikasi yang telah kita bahas, apakah sobat tertarik dengan mobil rakitan Toyota satu ini? Namun sayangnya, PT Toyota–Astra Motor (TAM) belum menentukan rencana kehadiran dari GR Yaris di Indonesia. Sehingga sobat mungkin harus banyak bersabar untuk menantikan model Toyota Yaris satu ini dipasarkan di ranah otomotif Tanah Air. Jangan lupa untuk tetap mengunjungi situs OTR.id untuk kabar terupdate dari Toyota GR Yaris dan harga dari mobil tersebut ketika masuk pasar otomotif Indonesia. Urusan Mobil Baru, OTR.id Aja!