Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Admin, Jumat 01 Januari 2021

Fitur Mobil yang Jarang Digunakan – Tahukah sobat ketika membeli mobil baru, banyak sekali fitur-fitur canggih yang tersedia pada mobil. Fitur-fitur ini sesungguhnya dapat membantu dan memberikan kenyamanan dalam berkendara. Namun, tidak sedikit dari kita yang masih tidak menggunakan fitur canggih ini, selain karena tidak sadar akan keberadaannya atau memang fitur tidak mendukung kondisi lingkungan dimana kita berada.


Lihat Juga: Berkenalan dengan Nissan Kicks ePower


1. Heater


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Heater merupakan salah satu fitur yang terbilang cukup canggih untuk mengatur suhu ruangan menjadi lebih hangat. Mengapa fitur ini sering tidak digunakan pengendara di Indonesia? Tentu saja, fitur ini tidak cocok dengan iklim di Indonesia, pasalnya, fitur ini sangat berguna bagi mereka yang tinggal negara dengan 4 musim karena terdapat cuaca ekstrim yang sangat dingin. Sedangkan pada negara beriklim tropis seperti Indonesia, fitur ini jarang digunakan, apalagi di kota seperti Jakarta. Secara umum untuk mobil-mobil keluaran terbaru memang fitur ini sudah tidak ada dan lagi, udara yang cenderung panas membuat kita lebih sering menggunakan AC untuk pendingin ruangan mobil.


2. Cruise Control


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Cruise control merupakan fitur canggih yang sangat berguna untuk sobat jika ingin mengistirahatkan kaki sejenak ketika sudah sangat lelah. Fitur ini biasanya ada pada mobil kelas premium dan dapat membuat mobil yang sobat kendarai berjalan dengan kecepatan konstan pada jalanan bebas hambatan sehingga sobat tidak perlu menekan pedal gas, cukup mengendalikan kemudi saja. Mengapa fitur ini jarang digunakan? Banyak orang yang enggan menggunakan fitur ini karena merasa tidak aman jikalau tidak memiliki kontrol penuh dalam mengendalikan pedal gas.


Lihat Juga: Yuk Kenali Fitur Cruise Control pada Mobil


3. Paddle-shift


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Paddle-shift merupakan fitur canggih yang biasanya sobat lihat pada mobil matic yang memiliki mode manual seperti tiptronic. Terdapat tuas bagian kiri dan kanan pada belakang setir mobil yang membuat sobat dapat mengemudikan mobil dalam mode sport dengan mengganti transmisi dengan cepat dan mudah hanya dengan menggunakan jari.

Namun fitur ini jarang digunakan oleh orang pada umumnya karena fitur ini biasanya sangat cocok digunakan untuk kebut-kebutan yang jarang sekali bisa dipakai di jalanan Indonesia terutama ibukota yang terkenal dengan lalu lintas yang padat.


Lihat Juga: Mengenal Teknologi Transmisi Tiptronic Pada Mobil Matic


4. Child-Lock


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Fitur ini hampir tersedia di semua varian mobil yang beredar saat ini. Fungsinya tentu untuk pengaman terhadap anak-anak. Fitur ini terletak pada pillar B pintu kabin baris kedua. Fitur ini membuat pintu tidak dapat dibuka dari tuas dalam mobil walaupun dalam keadaan tidak terkunci.

Sehingga sangat aman saat berkendara sambil membawa anak-anak yang duduk di baris kedua dan mungkin sudah mengerti cara membuka tuas pintu sendiri. Hanya saja, banyak sekali orang yang mengabaikan hal ini karena merasa tidak praktis dan berpikir lebih aman hanya dengan mengunci pintu saja.

5. Defogger


Fitur defogger ini biasanya terdapat pada kaca mobil belakang yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca saat cuaca dingin. Fitur ini berbentuk garis-garis horizontal pada seluruh kaca. Biasanya pada mobil mewah dengan harga jual yang cukup tinggi kaca mobil belakang sudah dilengkapi defogger sebagai bawaan.

Garis-garis yang menempel pada kaca merupakan elemen panas yang akan membuat embun bisa cepat hilang dari kaca. Akan tetapi tak jarang orang yang memiliki mobil tanpa bawaan fitur ini tidak menambahkan defogger karena berfikir kalau wiper belakang sudah cukup untuk jangkauan penglihatan.


6. ISOFIX


Fitur Canggih Pada Mobil yang Jarang Digunakan Isofix merupakan kependekan dari International Standard Organizations FIX (standar keselamatan internasional). Biasanya terletak pada tempat duduk baris kedua. Isofix berfungsi untuk mengaitkan kursi khusus untuk anak-anak. Di negara maju seperti Amerika, Negara-negara Eropa dan Australia, fitur child safety wajib digunakan saat bepergian bersama anak dalam berkendara.