Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Toyota Resmi Ubah TRD Sportivo Menjadi GR Sport


Toyota Resmi Ubah TRD Sportivo Menjadi GR Sport Admin, Selasa 07 Agustus 2021

TRD Sportivo digantikan GR Sport –Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan pensiunnya nama TRD (Toyota Racing Development) dan segera digantikan oleh Toyota Gazoo Racing (GR) atau dikenal dengan nama GR Sport.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) pun membeberkan alasan mengapa TRD Sportivo digantikan oleh GR Sport. Ia mengatakan bahwa nama GR bisa dibilang lebih tinggi kastanya secara internasional jika dibandingkan TRD. Pun ada keinginan Toyota untuk menjadikan GR sebagai brand baru yang bukan hanya sekedar nama namun juga memberikan produk bergaya sporty flagship di Indonesia.

Harapan ini juga didasari pada tipe mobil GR sebelumnya yaitu Gazoo Racing hanya dipakai untuk tipe mobil sport berperforma tinggi, sebelumnya secara eksklusif ada pada tipe Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris saja.

Disusul juga oleh Toyota Raize GR yang juga rilis di tahun ini, menjadikan link mobil Toyota dengan nama GR berjumlah delapan.

Lihat Juga: Spesifikasi Lengkap Hyundai Staria, Harga Mulai Rp 888 Juta

Perubahan nama brand ini disebut Anton sesuai dengan rencana Toyota secara internasional, yaitu di masa mendatang akan banyak produk Toyota yang akan menggunakan spesifikasi GR Sport.

Nantinya, mobil-mobil Toyota dengan performa tinggi di kelas masing-masing akan mengusung nama GR Sport.

Pengumuman perubahan brand ini dilakukan sejak Agustus 2021 lalu, serta berkenaan dengan peluncuran lima model mobil Toyota yang dikemas dengan nama GR Sport, yaitu Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, Agya GR Sport, dan Avanza GR Limited.

"Mulai hari ini semua sporty model akan difokuskan di bawah brand Toyota Gazoo Racing (TGR), dan ini berlaku nasional. Jadi yang mau cari sporty feeling bisa beralih ke model Toyota Gazoo Racing," ungkap Anton disaat peluncurannya.

Lalu Apa Beda TRD Sportivo dengan GR Sport?

Toyota Racing Development (TRD Sportivo)

Dilansir dari laman resmi Toyota global, TRD merupakan sub-brand Toyota untuk mobil-mobil dengan tampilan sporty. Lebih dari itu, untuk varian TRD di beberapa negara, bukan hanya soal tampilan, namun juga ada peningkatan performa mesin pada mobil.

TRD merupakan brand yang sudah lama berkecimpung di dunia otomotif Toyota. Jika dirunut, usia TRD Sportivo sudah melewati 40 tahun serta punya cerita sejarah yang panjang di Negeri Paman Sam yang memang adalah pusat pengembangan TRD.

Untuk Indonesia sendiri, TRD Sportivo menjadi penanda varian tertinggi dengan adanya pengembangan tampilan, terutama pada body part dan aksesoris. TRD Sportivo ada pada hampir semua tipe mobil Toyota, beberapa di antaranya ada pada Kijang Innova, Rush, Yaris, dan Fortuner. Ada juga Toyota 86 TRD yang menjadi mobil bermesin sport performa tinggi.

Lihat Juga: Ketahui Spesifikasi Honda City Hatchback Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Toyota Gazoo Racing (GR Sport)

Layaknya TRD Sportivo, GR Sport dihadirkan dengan kesan sporty. Nama Gazoo Racing berasal dari nama tim balap Toyota, yakni Team Gazoo. Debut tim Gazoo terjadi pada balap 24 jam di Nurburgring tahun 2007 dengan menurunkan mobil Toyota Altezza yang dikemudikan oleh dua pembalap, Hiromu Naruse dan Morizo (Akio Toyoda).

Selepas itu, Gazoo Racing berkembang menjadi divisi yang bertanggung jawab mengembangkan performa kendaraan Toyota yang berkompetisi di berbagai kelas balap.

Divisinya tersebar antara lain di kejuaraan dunia reli, endurance, touring car, cross country hingga LMP class di Le Mans. Pengembangan GR telah berlangsung sejak 2007 dengan langsung diawasi oleh Akio Toyoda.

Kemudian berlanjut pada tahun 2015, Toyota Gazoo Racing pertama kali hadir sebagai divisi yang menyatukan Toyota Racing, Lexus Racing, dan Gazoo Racing. Dalam menghadirkan produk di bawah bendera Gazoo Racing, Toyota membaginya menjadi empat lini, yakni GRMN, GR, GR Sport, dan GR Parts.

Pada 2019 merek ini mengembangkan model khusus dari mobil balap performa tinggi, yakni Supra dan diberi nama GR Supra. Langkah ini berlanjut pada model GR Yaris yang memang dikembangkan khusus sebagai kendaraan dengan performa tinggi.

Meskipun dengan masuknya GR Sport, Toyota belum memberikan perbedaan yang signifikan selepas nama TRD, di masa depan Toyota ingin memberikan performa khusus bagi GR Sport.