Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!


Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan! Admin, Jumat 30 Juli 2021

Kekerasan dapat terjadi di segala macam kondisi dan situasi, tidak terkecuali ketika dalam perjalanan. Belakangan ini, sering ditemukan kasus atau insiden mengenai kekerasan di jalanan, yang biasa dikenal dengan sebutan “Road Rage”.

Beberapa insiden tersebut tidak jarang akibat adanya kelalaian dalam berkendara, sehingga mengganggu kenyamanan pengendara lain, dan memicu emosi yang akibatnya timbulan road rage. Namun, tidak hanya kelalaian ada beberapa faktor lain yang bisa membuat terjadinya road rage.

Untuk menghindari hal tersebut menimpa pada diri kita, tentu harus mengetahui cara agar dapat terhindar dari road rage di Jalan. Lalu, bagaimana cara menghindari road rage di jalan? Berikut tipsnya.

Jaga jarak dan patuhi lalu lintas Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!

Tips pertama dan menjadi dasar bagi pengemudi yaitu menjaga jarak dan patuhi lalu lintas. Tidak jarang beberapa pengemudi merasa terganggu karena adanya pengemudi lain yang tidak mematuhi lalu lintas.

Misalnya, mengendarai kendaraan dengan pelan di jalan tol, tetapi tidak di kiri. Hal tersebut tentu mengganggu pengemudi lain di belakang dan road rage bisa saja terjadi karena hal itu. Kemudian, untuk mencegah road rage di jalan pengemudi harus mengatur jarak kendaraannya dengan kendaraan lain.

Contohnya, ketika berada dalam kondisi jalanan tanjakan menjaga jarak adalah sebuah keharusan. Jangan terlalu mepet, agar tidak menjadi sebuah masalah baru apabila kendaraan lain mengenai kendaraan kamu. Dengan menjaga jarak, tentu akan membuat nyaman pengendara lain dan mencegah kemungkinan terburuk lainnya.

Pikiran tenang dan dapat menahan emosi Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!

Sering ditemukan juga sebuah kondisi yaitu ketika ada pengendara lain, terpicu untuk menaikan tempo kecepatannya karena orang lain. Kondisi tersebut bisa saja berujung road rage, jika tidak dihindari.

Karena itu, dalam berkendara pastikan pikiran tenang dan dapat menahan emosi. Tanamkan tujuan kamu saat berkendara, lihat orang-orang yang berada di samping kamu saat berkendara, jangan sampai emosi yang tidak tertahan dapat merugikan orang sekitar.

Fokus Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!

Selain tenang, seorang pengemudi juga harus fokus dalam berkendara. Jangan sampai ada yang mengganggumu dalam fokus berkendara, karena akibatnya akan merugikan orang sekitar dan pengemudi lain.

Contohnya, jangan memainkan gadget jika tidak penting. Tentu peraturan menggunakan gadget di jalanan sudah dijelaskan. Karena itu, pengemudi wajib membatasi penggunaan gadget dalam berkendara agar memberikan kenyamanan pengendara lain dan juga mencegah agar tidak terkena denda atau penilangan.

Biasanya pengemudi yang tidak fokus suka lupa menggunakan fitur dalam kendaraanya, seperti sein yang seharusnya sudah dimatikan tidak dimatikan dan lain-lain. Jika, sudah tidak fokus tentu road rage bisa saja terjadi.

Memasang dashcam atau rekam video Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!

Salah satu tips lainnya dalam menghindari road rage yaitu dengan memasang dashcam atau merekam video jika masalah tidak dapat teratasi. Hal ini tujuannya agar memberikan bukti kepada pihak berwajib jika kasus menjadi panjang dan membantu untuk menyebarkan di media sosial apabila oknum yang melakukan kekerasan kabur atau melarikan diri.

Simpan nomor-nomor orang penting Kerap Terjadi, Ini Cara Hindari Road Rage di Jalan!

Tidak hanya dalam berkendara, menyimpan nomor-nomor orang penting merupakan sebuah solusi ketika menghadapi sebuah masalah. Nomor orang-orang penting bisa seperti orang tua, sanak saudara, atau sahabat.

Tujuannya agar ketika mengalami sebuah masalah, kamu bisa memberikan kabar dan meminta tolong kepada nomor-nomor tersebut. Nomor-nomor penting selain keluarga seperti pihak kepolisian juga harus dimiliki, agar ketika menghadapi road rage kamu bisa meminta tolong kepada pihak yang berwenang.

Itu dia Sahabat OTR.ID tips menghindari road rage di jalan. Tentu, kita tidak bisa memprediksi segala kemungkinan yang akan terjadi di jalan, tapi paling tidak kita mengetahui cara menghindari hal tersebut.

Nah, agar selalu nyaman dalam berkendara jika ingin tahu info atau tips lainnya jangan lupa kunjungi website OTR.ID selalu ya!