Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya Admin, Selasa 21 September 2021

Memilih mobil FWD dan RWDmemang tidak habis-habisnya menjadi topik pertimbangan seseorang dalam memilih mobil impian. Hal ini karena karakteristik dari kedua jenis mobil ini yang berbeda. Keunggulan dan kekurangannya menjadi pertimbangan serius bagi mereka yang ingin menggunakan mobil tersebut di berbagai medan perjalanan. Maka dari itu, mari kita berkenalan dengan 2 tipe mobil ini.

Memilih Mobil FWD dan RWD dengan Mengenali Pengertiannya
memang tidak habis-habisnya menjadi topik pertimbangan seseorang dalam memilih mobil impian. Hal ini karena karakteristik dari kedua jenis mobil ini yang berbeda. Keunggulan dan kekurangannya menjadi pertimbangan serius bagi mereka yang ingin menggunakan mobil tersebut di berbagai medan perjalanan. Maka dari itu, mari kita berkenalan dengan 2 tipe mobil ini.

Baca Juga :Inilah Spesifikasi, Harga dan Keunggulan dari Toyota Raize 1200 cc

Kenali Pengertian FWD untuk Membantu Anda Memilih Mobil FWD dan RWD
Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

FWD atau yang berarti Front Wheel Drive berarti pusat tenaga pendorongnya ada di bagian depan mobil. Atau secara rinci, roda yang membuat mobil berjalan adalah roda bagian depan. Hal ini memang kurang umum karena memang biasanya roda belakanglah yang berputar untuk memberi dorongan pada mobil.

Mobil tipe penggerak depan ini populer sejak tahun 1930-an yang mana itu berlanjut sampai pada zaman sekarang yaitu terdapat di mobil perkotaan dan kompak. Beberapa mobil yang bertipe FWD adalah Toyota Calya, Honda Brio, Honda Jazz, Toyota Agya, Honda HR-V, Nissan Livina, Daihatsu Sigra, dan Mitsubishi Xpander.

Untung Rugi Menggunakan Mobil FWD
Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pada mobil bertipe FWD, tenaga mesin akan tertuju pada kedua roda depan. Sistem semacam ini unggul dalam efisiensi. Hal ini memungkinkan tenaga mesin akan sampai pada roda penggerak secara efisien dan optimal. Tidak perlu mengalami perjalanan panjang untuk menyalurkan tenaga. Hal ini karena posisi mesin, gearbox dan penggerak pada posisi yang saling berdekatan, yaitu di bagian depan.

Karena lebih ringkas, bobot keseluruhan pun dapat berkuran dan jadi lebih ringan. Selain itu, mesin akan memberikan respon lebih baik karena tenaga yang ada tidak terkuras banyak. Tidak banyak terkuras karena tidak perlu melewati berbagai komponen. Untuk urusan kabin, FWD memungkinkan kabin mobil menjadi lebih lega.

Meskipun begitu, tetap saja terdapat kekurangannya. Pada sistem FWD memungkinkan suspense menjadi lebih berat karena memiliki dua fungsi, yaitu penggerak dan kemudi. Dan tentunya keadaan tersebut membuat usia pakai beberapa komponen menjadi lebih singkat. Untuk urusan handling, mobil dengan tipe FWD akan cenderung lebih understeer.

Promo Cicilan Ringan Daihatsu Ayla Disini

Kenali Pengertian Mobil RWD
Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

RWD merupakan kebalikan dari FWD, yaitu mobil dengan tipe penggerak di belakang. Atau dengan kata lain, roda belakanglah yang berperan besar dalam membuat sebuah mobil bisa maju. Dalam sejarah, penggerak pada roda belakang jauh lebih dahulu populer untuk kendaraan bermotor. Sampai kini pun, masih ada banyak kendaraan komersial yang menggunakan model RWD ini, seperti bis dan truk.

Ada beberapa mobil zaman modern yang masih setia menggunakan tipe RWD ini, seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush, Fortuner, BMW Seri 5, Lexus LS dan GS serta berbagai mobil lainnya.

Harga Mobil Baru OTR Jakarta disini

Kelebihan dan Kekurangan Pada Mobil Tipe RWD
Memilih Mobil FWD dan RWD, Ketahui Perbedaan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Tentu saja, dalam hal distribusi bobot atau beban, RWD merupakan yang terbaik. Hal ini karena pada prakteknya mesin berada di depan, gearbox dan drive shaft ada pada bagian tengah dan diferensial ada pada bagian belakang. Tetapi, untuk urusan tenaga, tentu akan kalah dangan FWD. kenapa? Karena posisinya yang jauh dari mesin dan harus melewati beberapa komponen membuat tenaganya berkurang sebanyak 30%.

Jadi, mana yang Anda pilih? Dalam memilih mobil FWD atau RWD haruslah Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah mobil tersebut akan Anda jadikan kendaraan komersial atau keluarga? Apakah medan yang Anda harus lalui berat atau biasa saja? Dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Urusan Mobil baru OTR.ID aja!