Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Tips Mencegah Mobil Terbakar


Tips Mencegah Mobil Terbakar Admin, Selasa 08 Agustus 2021

Mobil Aman dari Terbakar - Belum lama ini media sosial dan banyak portal berita mengabarkan tentang kejadian mobil yang terbakar di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Ya, mobil tersebut adalah mobil antik Ford Mustang Shelby GT500, terjadi pada tanggal 27 Juli 2021 lalu.

Pada hari yang sama pula, ada kabar bahwa Suzuki XL-7 juga terbakar di pintu keluar tol Kuningan. Oleh karena kejadian ini, lalu lintas menjadi tersendat lantaran banyak orang yang menyaksikan sehingga memperlambat laju kendaraan mereka. Kok bisa ya mobil terbakar? Kira-kira apa saja penyebabnya dan cara mencegahnya, yuk kita simak bahasan OTR.id kali ini.

Lihat Juga: Promo OTR.id Terbaru

Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Mobil bisa terbakar tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, ada kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan mobil jadi rawan terbakar, berikut daftarnya.

1. Suhu Mesin Mobil Terlampau Panas
Mobil yang digunakan dalam perjalanan panjang serta waktu berkendara yang lama tanpa istirahat, bisa membuat mesin mobil kepanasan. Meningkatnya suhu menjadikan mesin mobil mengalami overheating. Suhu tinggi juga bisa membuat oli terlalu panas dan beresiko mengalami kebocoran yang dapat memicu api. Jadi, langkah terbaik dalam mencegah dalam kondisi ini adalah memberikan jarak istirahat pada mobil dengan berhenti dan mematikan mesin mobil. Atur jarak atau waktu perjalanan, seberapa jauh mobil perlu istirahat. Selain untuk mesin, hal ini juga baik untuk ban sehingga resiko pecah ban juga bisa jauh berkurang.
2. Cairan Pendingin Bocor atau Kosong
Selain oli yang bisa bocor, cairan pendingin yang dikenal dengan radiator coolant juga mudah mengalami kebocoran. Memang kebocoran cairan ini tidak akan memicu api, sebaliknya, kondisi pendingin yang kurang atau kosong lah yang membuat mesin menjadi overheat sehingga rentan terbakar. Karena itu, kami sangat menyarankan Sobat OTR untuk melakukan pengecekan secara rutin. Jangan jadikan kondisi WFH atau Work From Home menjadi alasan tidak merawat mobil.
3. Gangguan Kelistrikan Mobil
Mobil bekerja bukan bergantung pada bahan bakar saja, ada komponen-komponen yang mengandalkan sistem kelistrikan. Apabila sistem kelistrikan bermasalah, potensi munculnya percikan api di ruang mesing bisa menyebabkan mobil terbakar. Hal yang perlu diwaspadai yaitu jika ada saluran bahan bakar atau oli yang bocor, sedikit percikan api saja bisa menghanguskan mobil dalam sekejap. Ada juga penyebab lainnya adalah kondisi oli mobil yang buruk, hal ini akan memunculkan timbunan gas hidrogen pada bagian dalam mesin mobil. Gas hidrogen yang tertimbun inilah yang bisa menjadi pemicu mobil terbakar. Pengecekan berkala pada bagian kelistrikan bisa mengurangi resiko mobil terbakar.
4. Jarang Merawat Mobil
Kesibukan bisa jadi alasan untuk mengabaikan perawatan mobil, namun jangan salah, mobil yang kurang terawat kondisinya akan terus memburuk. Jika mobil sering digunakan, Sobat OTR harus rutin merawatnya agar kondisi mobil selalu prima. Jangan sampai membahayakan diri sobat dan muncul berbagai resiko jika jarang merawat mobil.
Langkah Pencegahan Mobil Terbakar

Seperti yang sudah OTR.id bahas di atas, untuk mencegah pastikan sobat OTR selalu melakukan pengecekan kondisi mobil secara menyeluruh. Terkhusus pada ruang mesin, karena saat mobil bekerja, panas muncul dari ruang mesin. Periksa kondisi kabel-kabel, saluran, dan isi dari cairan-cairan mesin mobil. Tidak sedikit kerusakan kabel atau saluran juga disebabkan oleh gangguan binatang liar. Tikus merupakan binatang yang sering ditemukan “menginap” di ruang mesin mobil, dan bukan hanya menginap tetapi juga “memakan” lapisan kabel atau selang saluran mesin mobil.

Jika memungkinkan, sediakan APAR (alat pemadam api ringan) di dalam mobil pada tempat yang mudah dijangkau. APAR yang direkomendasikan minimal berukuran 500 gram.

Selalu waspada akan kondisi mobil saat berjalan, jika ada asap yang keluar dari sela kap mesin atau ada bau terbakar selama mobil digunakan, menepilah sejenak untuk mematikan mesin mobil dan mengeceknya.

Jika Terlanjur Terbakar, Bagaimana!?
Tips Mencegah Mobil Terbakar

Jika mobil sudah terlanjur terbakar, sobat perlu bergerak cepat namun jangan disertai dengan kepanikan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menepikan mobil serta mematikan mesin agar sistem pembakaran berhenti. Segera keluar dari mobil dan jaga jarak aman dengan mobil.

Apabila ada APAR yang tersedia, bisa digunakan untuk mencegah api membesar. Jika tidak, segera hubungi bantuan dan tetap menjaga jarak aman dari mobil yang terbakar sambil menunggu bantuan datang.

Jangan sekali-kali membuka kap mesin mobil jika api muncul dari sana. Membuka kap mesin artinya memberikan pasokan oksigen yang banyak dan bisa membuat api membesar karena tertiup angin.

Selalu ingat bahwa nyawa sobat jauh lebih berharga dari mobil, jangan mempertaruhkan nyawa apabila alat yang ada untuk memadamkan api sangat terbatas. Bukan hal yang mudah, namun kerugian materiil masih bisa diusahakan selama kita masih hidup. Tidak lupa juga, memiliki asuransi mobil bisa adalah salah satu langkah pencegahan dari kerugian akibat mobil terbakar.

Lihat Juga: Mobil Aman Terlindungi Asuransi Membuat Hati Tenang

Itulah beberapa penyebab, pencegahan serta cara menanggulangi mobil terbakar. Ketahui kondisi ini bukan masalah usia mobil, namun lebih pada bagaimana mobil dirawat. OTR.id selalu merekomendasikan mobil untuk dirawat sejak beli baru dan terus selama pemakaian agar mengurangi kerusakan pada mobil ataupun sampai terbakar.