Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Mobil Listrik Produksi Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dan Kona Electric


Mobil Listrik Produksi Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dan Kona Electric Admin, Selasa 05 April 2022

Indonesia Produksi Mobil Listrik Hyundai – salah satu pabrik otomotif asal Korea Selatan, yakni Hyundai. Akan mulai memproduksi mobil listriknya pada tahun 2022 di Indonesia setelah pembangunan pabriknya selesai. Pabrik yang tengah dibangun ini diperkirakan dapat memproduksi sekitar Rp 150.000 hingga 250.000 unit mobil dalam setahun.

Hyundai sendiri juga telah mengkonfirmasi kesiapan produksi model mobil listriknya di Indonesia per akhir kuartal 1 tahun 2022 ini. Untuk modelnya sendiri pun sudah terbongkar, yakni Hyundai IONIQ 5 5. Presiden Direktur PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) SungJong Ha, sendiri juga meyakini bahwa mobil listrik produksi lokal pertama mereka akan mengubah industri otomotif negeri ini secara fundamental.

Hal ini juga sesuai dengan ambisi mereka ketika memasuki pasar tanah air yakni untuk menjadi game changer dan juga ground breaker industry (mengubah tatanan dan juga pionir).

Lihat juga: Mobil Hyundai Kona Electric Mobil Pilihan Orang Pintar

Hyundai IONIQ 5 dan Kona

Hyundai Motors Indonesia (PT. HMID Makmur) sendiri juga telah resmi memperkenalkan dua mobil listrik secara bersamaan, yakni IONIQ dan Kona Electric pada Jumat (6/11) di Indonesia. Dilansir dari CarsDirect, harga Hyundai Ioniq dan Kona ini dibanderol dengan range harga awal 600-an juta rupiah saja per unitnya.

Kini, Hyundai kembali meluncurkan tipe terbaru yaitu IONIQ 5 di IIMS 2022 yang digelar di Jakarta. Menurut Chief Operating Officer PT HMID Makmur, IONIQ 5 mengambil tema crossover dan tentu berada di atas pendahulunya, Ioniq dan Kona.

Baik Ioniq maupun Kona, keduanya dikabarkan akan diproduksi di Indonesia mulai tahun 2022 ini.

Sobat penasaran dengan spesifikasi mobil listrik ini? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5

Dari segi desain, dilihat dari desain eksteriornya, Hyundai IONIQ 5 Electric ini memancarkan aura yang futuristik dengan grill tanpa lubang dengan lampu khas yang unik.

Mobil Listrik Produksi Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dan Kona Electric

Sementara itu pada sisi desain Interior Mobil Listrik Hyundai satu ini juga memberi kesan lebih modern dengan balutan jok kulit. Ada 2 layar LCD yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi mobil pada pengendara. Tak lupa Hyundai IONIQ 5 diperlengkapi dengan beragam fitur yang beragam dalam dalam menunjang pengendara dan penumpangnya.

Jika ditijnjau pada baterai dan performa, power train Hyundai IONIQ 5 sendiri menggunakan motor listrik bermagnet permanen dengan tingkat efisiensi 100 kW (136 PS) yang dipasok dengan baterai bermaterial lithium ion sebesar 38,3 kWh. Mesin tersebut dapat menghasilkan torsi 295 Nm dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 9,9 detik.

Dengan daya baterai tersebut, Hyundai IONIQ 5 dapat menempuh jarak sepanjang 311-373 km dalam sekali pengisian daya penuh. Untuk pengisian dayanya sendiri dari kapasitas 0% hingga 80% membutuhkan waktu sekitar 54 menit saja, tentunya dengan stasiun pengisian kendaraan listrik berkapasitas 100 kW (DC).

Berapa sih kisaran harga mobil ini? Hyundai IONIQ 5 tipe Signature dibanderol dengan kisaran harga Rp 715.700.000/unit (untuk harga OTR Jakarta).

Lihat Promo Hyundai Ioniq disini

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Kona Electric

Berbeda dengan saudara sesama mobil listriknya (Ioniq), Hyundai Kona ini memiliki bentuk dan kontur lebih sporty dan futuristik.

Mobil Listrik Produksi Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dan Kona Electric

Pada sisi dalam, Kona Electric dibekali Interior yang memiliki konsep interior modern dengan berbagai paduan fitur keren nan mutakhir yang ada di dalamnya. Sebut saja ada fitur Shift-by-wire, sistem Heads-Up Display, Drive Mode Select, Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Tire Pressure Monitoring System, Hill Start Assist (HSA), 6-point air-bag, dan Electronic Parking Brake.

Urusan baterai, Hyundai Kona Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen dengan efisiensi sebesar 100 kW (136 PS) dan baterai lithium ion 39,2 kWh yang dapat menghasilkan torsi hingga 395 Nm. Dengan spesifikasi motor listrik seperti di atas, Hyundai Kona dapat mencapai jarak tempuh dari 289-345 km dalam sekali pengisian daya.

Jika ditanya soal harga, Hyundai Kona dibanderol dengan harga di kisaran Rp 734.900.000 (harga OTR Jakarta).

Lihat Promo Hyundai Kona disini

Dengan kelas harga OTR di kisaran demikian, Hyundai Ioniq dan Kona disinyalir akan dipasarkan pada harga 750 juta hingga 800 juta-an. Namun demikian, harga resmi dari PT. HMID Makmur sendiri belum rampung, jadi bagi Sobat OTR yang sudah mulai naksir dengan kedua mobil ini, harap bersabar ya!