Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID






All New Suzuki Ertiga MPV Smart Hybrid Pertama di Indonesia

All New Suzuki Ertiga MPV Smart Hybrid Pertama di Indonesia Admin, Selasa 05 Juli 2022

Suzuki Ertiga Smart Hybrid - Bulan Juni 2022 menjadi bulan yang bersejarah bagi dunia otomotif Indonesia, pasalnya ini untuk kali pertama telah hadir mobil dengan inovasi baru dari Suzuki di kelas MPV (Multi Purpose Vehicle) yang menyandang titel Hybrid. Ya, model yang dimaksud ialah All New Suzuki Ertiga Hybrid.

Baca juga: Test Drive Hyundai Creta dari Rumah

Wajah lama, teknologi baru – mungkin itulah sebutan yang cocok diberikan bagi Suzuki Ertiga Hybrid ini. Dengan hadirnya mobil ini, Suzuki menunjukkan keseriusannya untuk menghadirkan mobil dengan teknologi baru memenuhi kebutuhan masyarakat. Tanpa ubahan tampilan atau facelift besar-besaran, Suzuki Ertiga Hybrid bisa dimiliki dengan harga yang relatif terjangkau. Layaknya nama hybrid yang diberikan, Suzuki Ertiga Hybrid dibekali mesin konvensional yang berkolaborasi dengan sistem elektrifikasi motor listrik.

Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Diperkenalkan dengan nama Smart Hybrid, ada 2 komponen utama yang digunakan untuk sistem Suzuki Smart Hybrid, komponen tersebut ialah Integrated Starter Generator (ISG), dan baterai Lithium 12 Volt 6 Ampere hours. Dayanya memang kecil, apalagi kalau dibandingkan dengan Tesla atau Hyundai Ioniq, tetapi daya yang tidak besar ini memang hanya akan digunakan di kondisi tertentu saja.

ISG memiliki fungsi sebagai motor penggerak sekaligus generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke baterai. Energi listrik yang tersimpan inilah yang tetap menjaga komponen elektrik mobil tetap aktif, terutama saat mobil dalam posisi berhenti, sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Demi mendukung tujuan utamanya, yaitu efisien dalam hal konsumsi bahan bakar, All New Suzuki Ertiga Hybrid juga diberikan dua fitur pendukung tambahan. Demi mencapai konsumsi BBM yang optimal, Suzuki menyematkan fitur Cruise Control dan Gear Shift Indicator pada Suzuki Ertiga Hybrid.

Cukup dengan mengaktifkan tombol cruise control pada kemudi, mobil akan melaju dengan kecepatan yang stabil tanpa pengemudi menekan pedal gas. Fitur ini baru bisa aktif apabila posisi gigi berada di antara gigi 3 sampai 5 dan kecepatan minimum pada 43 kmpj.

Baca juga: Wuling Mini EV Indonesia, Mobil Listrik Termurah di Bawah 200 Juta-an

Tidak hanya cruise control, fitur gear shift indicator juga hadir untuk memberikan indikasi penggunaan gigi yang paling efisien sehingga bahan bakar yang digunakan bisa pada posisi optimal. Terdapat indikator berupa panah ke atas atau ke bawah yang menyala sesuai saran kepada pengemudi untuk menaikan atau menurunkan gigi selama mengemudi.

Penggunaan baterai lithium-ion sebagai komponen utama teknologi hybrid menjadikan All New Suzuki Ertiga Hybrid menjadi mobil yang ramah lingkungan, sebab seharusnya baterai lithium-ion itu tidak memerlukan banyak perawatan. Namun tetap, pihak Suzuki menyarankan pengecekan kekuatan baterai dilakukan secara berkala. Layaknya accu mobil, baterai lithium-ion juga bisa menurun dayanya apabila mobil jarang digunakan atau mesin jarang dihidupkan.

Jika kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen tidak perlu khawatir harus langsung mengganti komponen baterai, karena solusinya mudah, bisa dengan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara dan juga rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.

All New Suzuki Ertiga Hybrid menjadi mobil yang tercanggih di kelasnya, dan di saat yang bersamaan menjadi mobil kategori terjangkau juga di kelas MPV. Tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport, harga All New Suzuki Ertiga Hybrid mulai dari 270 juta hingga 290 juta-an saja. Tentu angka ini masih di bawah para pesaing di kelasnya yang masih menggunakan mesin konvensional.

Cek Harga All New Suzuki Ertiga

Lihat juga artikel kita yang lain :

Toyota EV Concept Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Mobil Produksi Indonesia, Hyundai Ioniq 5 dan Kona Electric