Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID

Cara mengurus SIM hilang dan biayanya

Cara mengurus SIM hilang - Emang paling ngga enak kalo dompet jatuh dan sampai hilang. Karna bukan cuma sekedar dompet dan uangnya saja, tapi kalo ada kartu - kartu penting di dalamnya otomatis kita akan kerepotan untuk mengurusnya lagi, apalagi kalo kita belum tau bagaimana prosedurnya. Sobat OTR ada yang pernah ngalamin hal yang sama ? atau saat ini sedang bingung untuk mengurus sim karna hilang ? nahhh pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengurus sim hilang karna banyak juga pertanyaan tentang hal ini.


Berikut adalah cara mengurus SIM hilang

1. Meminta laporan surat kehilangan

Yang harus sobat OTR lalukan pertama saat kehilangan SIM adalah meminta surat keterangan SIM hilang dari pihak Kepolisian yang merupakan salah satu syarat wajib dalam mengurusi SIM hilang. Untuk mendapatkan surat tersebut bisa memintanya di Polsek atau Polres terdekat. Jangan sampai sobat OTR datang ke SATPAS tanpa membawa surat kehilangan dari kepolisian, karena pasti akan disuruh terlebih dahulu membuatnya sebagai bukti bahwa SIM yang kita miliki benar-benar hilang.

2. Datang ke SATPAS terdekat

Setelah membuat surat keterangan kehilangan SIM dan memuhi semua persyaratan di atas, maka langkah selanjutnya adalah datang ke SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM).

3. Membuat Surat Keterangan Kesehatan (KIR Dokter)

Sama halnya dengan membuat dan memperpanjang SIM, sobat OTR juga harus terlebih dahulu meminta surat keterangan kesehatan dari Dokter. Tak perlu pergi ke Rumah Sakit, Klinik ataupun Puskesmas. Pasalnya semua lokasi SATPAS sudah memiliki lokasi pengecekan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan hanya sekedar tes mata, tensi darah, dan mengukur tinggi serta berat badan. Prosesnya juga sangat cepat, hanya memakan waktu sekitar 5 menit.

4. Mengurus Asuransi Kecelakaan Diri (AKDP)

Sebenarnya Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) tidak wajib. Namun tak ada salahnya mengeluarkan uang tambahan untuk membayar biaya asuransi kecelakaan. Terlebih biayanya cukup murah, sekitar 30 Ribu Rupiah. Manfaat mengikuti asuransi jiwa dari PT Asuransi Bhakti Bhayangkara tersebut adalah akan mendapat santunan saat terjadi kecelakaan. Namun sobat OTR harus melapor terlebih dahulu ke petugas Asuransi dan memenuhi semua prosedur serta persyaratan.

5. Melakukan Pendaftaran

Cara mengurus SIM hilang selanjutnya adalah melakukan pendaftaran dan mengisi semua formulir yang disediakan. Setelah itu, menyerahkan formulir yang sudah diisi beserta dengan semua berkas persyaratan yang terdiri dari surat keterangan SIM hilang, surat kesehatan, AKDP, dan kartu asuransi. Jika sudah, nantinya sobat OTR akan mendapatkan formulir untuk membayar biaya pengurusan SIM hilang.

6. Mendatangi loket verifikasi SIM

Proses selanjutnya adalah mendatangi loket verifikasi SIM dan sobat OTR harus menunggu sampai dipanggil. Prosesnya memang berbeda dari membuat SIM baru. Pasalnya apabila membuat SIM baru, kita harus terlebih dahulu mengikuti tes yang terdiri dari tes teori dan tek praktek. Sedangkan untuk mengurus STNK hilang bisa langsung melakukan proses verifikasi yang terdiri dari pengambilan foto dan sidik jari.

7. Mengambil foto, sidik jari & tanda tangan

Setelah dipanggil oleh petugas verifikasi, maka kita akan diantarkan untuk pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan. Semuanya dilakukan secara digital, sehingga prosesnya sangat cepat. Selain itu, kita disuruh untuk verifikasi ulang kelengkapan data untuk mencegah kesalahan penulisan pada nama, alamat, dan tanggal lahir.

8. Mengambil SIM

Nah langkah terakhir adalah mengambil SIM yang sudah jadi. Prosesnya cukup cepat, namun tergantung jumlah antrian. Namun sering kali blangko SIM habis, sehingga sobat OTR hanya mendapatkan surat keterangan SIM sementara dan harus menunggu beberapa minggu lagi untuk mengambil SIM yang sudah jadi.



Biaya Mengurus SIM Hilang


SIM A
Biaya Penggantian
Biaya Asuransi Jiwa
Biaya Cek Kesehatan

Total Biaya
Rp. 80.000
Rp. 30.000
Rp. 20.000

Rp. 130.000
SIM C
Biaya Penggantian
Biaya Asuransi Jiwa
Biaya Cek Kesehatan

Total Biaya
Rp. 75.000
Rp. 30.000
Rp. 20.000

Rp. 125.000

Proses pembayaran SIM hilang dilakukan di Bank BRI. Adapun biayanya tergantung golongan SIM yang hilang. Biaya tersebut digunakan untuk membayar biaya penggantian SIM yang sudah diatur sesuai ketentuan yang berlaku. Nah untuk lebih jelas berapa biaya yang harus dikeluarkan silahkan sobat OTR simak tabel dibawah ini.

Naah Itu dia cara mengurus sim hilang dan biaya pembuatannya, semoga artikel ini berguna untuk sobat OTR yang saat ini sedang bingung dengan cara mengurus SIM yang hilang. Dan untuk sobat OTR yang lain harap berhati - hati agar tidak kehilangan SIM karna akan sangat banyak prosedurnya.

Jalan Boulevard Raya Blok QF 1 No. 1, RT.11/RW.12, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.
(+62) 212452-2888