Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID

Berapa lama cas aki mobil? ini jawabannya!


Berapa lama cas aki mobil ? - pertanyaan ini sering kali kita dengar dari para pemilik mobil yang ingin mengisi akinya. Proses ini berguna untuk mengembalikan tegangan aki agar sesuai dengan kondisi normal yaitu bertegangan 12 Volt. Jadi apabila tegangan aki kurang dari 12 Volt, maka sobat OTR harus melakukan pengecasan.

Pengecasan aki hanya bisa dilakukan pada aki yang kondisinya masih baik, apabila aki sudah tekor maka sobat OTR harus membeli aki yang baru. Karna aki yang sudah tekor apabila di lakukan pengecasan akan percuma karna daya listrik tidak akan masuk seperti semula.

Jika terpaksa membeli aki baru pastikan dayanya sesuai dengan kebutuhan mobil kita. Jangan sampai daya terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Jadi sobat OTR baiknya menyesuaikan daya aki yang baru dengan daya aki yang lama. Jika sobat OTR mengganti aki lamanya dengan aki baru, aki lama sobat bisa di jual di tempat membeli akinya, tapi jangan berharap terlalu banyak, karna aki lama harganya akan sangat turun dengan harga di kisaran 50 sampai 200 ribu.

Membeli aki baru adalah opsi terakhir jika memang aki yang lama sudah tekor atau tidak layak digunakan. Opsi yang pertama adalah melakukan pengisian ulang (charging). proses pengisian aki mobil pada dasarnya sama seperti kita mengecharge baterai handphone. Semakin besar kapasitasnya maka akan semakin lama mengisinya. Tapi sobat OTR tidak boleh sembarangan untuk cas aki mobil, karna harus disesuaikan dengan kapasitas aki mobil sobat OTR.

Kapasitas aki mobil menggunakan satuan AH (ampere hour) yang bisa kita lihat pada dinding aki di sebelah samping. Naah setelah sobat OTR tau kapasitasnya, lalu berapa lama cas aki mobil agar tegangan bisa terisi sepenuhnya ? soal waktu berapa lamanya itu tergantung dari proses pengisian yang kita pilih, karna ada dua jenis pengisian aki, yaitu pengusian lambat dan pengisian cepat. Mau tau caranya ? yuk simak penjelasan dibawah!

Cara menghitung cas aki mobil

Pengisian Lambat

Proses pengisian lambat biasanya dilakukan saat pengecasan aki mobil di malam hari. Hal ini bertujuan agar arus listrik yang masuk tak terlalu cepat, sehingga proses pengisian lebih aman dan bisa ditinggal tidur. Biasanya arus maksimal yang digunakan hanya 10%, jadi tak perlu takut overcharge apabila ditinggal tidur. Lalu berapa waktu yang dibutuhkan sampai aki terisi penuh ?

Lamanya cas aki mobil tergantung dari kapasitas akinya. Sebagai contoh aki berdaya 12 volt 40AH membutuhkan waktu pengisian sekitar 12 jam. Lalu bagaimana cara menghitungnya ? silahkan sobat OTR simak rumus dibawah ini

  1. Langkah pertama yang harus kita hitung adalah besaran arus pengisian yang kemudian dikalikan daya aki.Jadi 40 x 10% = 4 Ampere
  2. kemudian masukan hasil diatas ke rumus berikut (kapasitas aki (AH) / Arus Pengisian) + (20% x kapasitas aki / arus pengisian)
  3. apabila kita hitung berarti (40Ah/4Ah) + (20% x 10) = 10 + 2 = 2 Jam

Jadi lama cas aki mobil dengan arus sekitar 10% membutuhkan waktu pengisian sekitar 7 jam. Bisa saja waktu yang dibutuhkan lebih cepat atau lebih lambar, namun kita bisa melakukan pengisian aki sembari tidur.

Pengisian Cepat

Cara pengisian aki yang kedua adalah menggunakan teknik pengisian cepat (fast charging). Teknik ini biasanya menggunakan arus yang lebih besar, hingga 40%. alhasil waktu pengisian menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk cara menghitungnya sama dengan cara diatas, namun besaran arusnya dirubah menjadi 40%.

  1. 40 x 40% = 16 Ampere
  2. kemudian masukan ke dalam rumus menjadi (40Ah/16Ah) + (20% x 2.5) = 2.5 + 0.5 = 3 Jam
Melihat perhitungan diatas, berarti kita membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi aki dengan arus sebesar 40%. metode ini juga sering disebut sebagian pengisian fast charging. Walaupun cepat, namun sering kali metode fast charging akan mempercepat kerusakan aki dikarenakan arus yang masuk terlalu besar. Jadi lebih baik menggunakan metode pengisian lambat agar aki tetap awet. Naahh itu dia cara menghitung untuk charge aki mobil, gimana sobat OTR ? udah bisa kan sekarang buat isi aki mobil ? semoga artikel ini bisa membantu sobat OTR yang lagi bingung cara menghitung berapa lama charge aki mobil.

Jalan Boulevard Raya Blok QF 1 No. 1, RT.11/RW.12, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.
(+62) 212452-2888