Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Harga Toyota Vios Turun 60 Jutaan karena PPnBm, Lengkap dengan Daftar Mobil lainnya!


Harga Toyota Vios Turun 60 Jutaan karena PPnBm, Lengkap dengan Daftar Mobil lainnya! Admin, Selasa 16 Maret 2021

Harga Toyota Vios Turun 60 Jutaan karena PPnBm. Namun, tidak hanya Toyota Vios yang harganya turun karena mendapatkan insentif PPnBm tetapi ada beberapa merk mobil lainnya, seperti Avanza, Sienta, Rush, Yaris dan Raize.

Pandemi covid-19 menyebabkan kemunduran dari berbagai sektor, termasuk salah satunya sektor manufaktur atau sektor otomotif. Hal tersebut membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan, yaitu salah satunya dengan memberikan adanya insentif potongan Pajak Penjualan Atas Mewah (PPnBM).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk mendorong sektor-sektor yang terpengaruh pandemi, sektor-sektor tersebut yaitu manufaktur dan perumahan karena merupakan dua sektor yang perlu diberikan insentif agar dapat menstabilkan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) karena kedua sektor tersebut memiliki multiplier effect baik backward dan forward linkages yang kuat.

Penjelasan tersebut disampaikan dari hasil konferensi pers virtual “Pemberian Insentif Kendaraan Bermotor dan Perumahan” bersama Menteri Keuangan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Perindustrian, pada hari Senin (01/03/2021).

Mengutip Kemenkeu, Pemerintah memberikan insentif potongan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor kategori sedan dan tipe 4x2 dengan kapasitas silinder max sebesar 1.500cc.

Pemberian insentif PPnBM ini diberikan secara bertahap, yaitu 9 bulan. Pada 3 bulan pertama sebesar 100%, 3 bulan kedua sebesar 50%, 4 bulan ketiga sebesar 25% yang sudah berlaku mulai dari tanggal 1 Maret 2021.

Dari kebijakan tersebut membuat beberapa merk mobil mengalami penurunan drastis, berikut list harga sebelum adanya PPnBm dan sesudah adanya kebijakan PPnBm.

Daftar harga mobil, sesudah mendapat insentif PPnBm 0 persen

Tidak hanya harga Toyota Vios turun 60 jutaan karena PPnBm, melainkan harga merek mobil lainnya, diantaranya.

* Vios E CVT Rp 265,4 juta, turun Rp 60 jutaan (check tdp angsuran disini)
* Vios E M/T Rp 252,4 juta, turun Rp 60 jutaan (check tdp angsuran disini)
* Vios G M/T Rp 268,9 juta, turun Rp 62 jutaan (check tdp angsuran disini)
* Vios G CVT Rp 281,6 juta, turun Rp 65,25 juta (check tdp angsuran disini)
* Yaris TRD CVT 3AB Rp 279,5 juta, turun Rp 19.75 juta (check tdp angsuran disini)
* Sienta V CVT Rp 274,7 juta, turun Rp 20,15 juta (check tdp angsuran disini)
* Avanza 1.3 G MT Rp 206,7 juta, turun Rp 13.85 juta (check tdp angsuran disini)
* Avanza Veloz 1.5 MT Rp 224, 3 juta, turun Rp 14.95 juta (check tdp angsuran disini)
* Rush TRD AT Rp 251.5 juta, turun Rp 17.6 juta (check tdp angsuran disini)


Kebijakan ini tentu mengakibatkan pro dan kontra, baik dari segi pronya karena dapat membantu untuk meningkatkan sektor manufaktur dan otomotif, serta merupakan solusi menekan penyebaran virus covid-19 dengan memiliki kendaraan pribadi, namun tetap ada kontranya yaitu dari penjualan kendaraan second di dealer.

Namun dibalik pro kontra tersebut, ini merupakan momen tepat untuk membeli mobil yang mendapatkan insentif PPnBm, seperti Toyota Vios. Nah, apabila sudah siap mau membeli tipe Toyota Vios nya, jangan lupa check dan beli mobilnya di OTR.ID ya! Urusan Mobil Baru, OTR.ID Aja!