Admin, Jumat 17 Februari 2023
Jakarta, OTR.id
Sejarah Toyota Agya di Indonesia sungguh menarik untuk diselami. Penyebabnya tidak lain, karena mobil ini salah satu pelopor mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) di Indonesia.
Lahir pertama kali pada 2013. Eksistensinya terus berlanjut hingga sekarang yang telah hadir Toyota Agya generasi kedua. Ini menarik, karena beberapa mobil LCGC bahkan sudah disuntik mati. Sebut saja Datsun Go+ dan Datsun Go yang berhenti produksi pada awal 2020, hingga Karimun Wagon R terakhir produksi pada 2021.
Tetapi pada Agya, justru masih terus langgeng. Mobil yang awalnya berangkat dari segmen LCGC ini malah naik kelas. Khusus Agya Gen-2 varian GR Sport kini bermain di kelas city car seperti halnya Honda Brio RS
Di mana untuk dimensinya, Agya Gen-2 lebih bongsor dengan panjang total 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian interiornya juga lebih lega, lantaran punya jarak sumbu roda 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya Gen-1.
Walau begitu yang tidak kalah menarik, Toyota Agya Gen-2 kini menempati dua segmen berbeda. Ada yang masuk LCGC, serta ada yang masuk ke segmen city car yaitu lewat varian GR Sport. Khusus Agya GR Sport 2023, ubahannya cukup banyak. Dari sisi tampilan jauh lebih sporty baik eksterior dan interior. Kemudian ada warna two tone. Ditambah lagi ada spesial tuning di bagian setir dan suspensi supaya rasa berkendaranya semakin menyenangkan.
Baca Juga : SIMULASI KREDIT - Otr.id
Spesifikasi All-New Toyota Agya
Toyota melakukan pengembangan pada produknya dengan fokus pada kualitas dasar. Dengan demikian, kualitas, daya tahan, dan keandalan pada produk Agya ditingkatkan. Toyota juga menampilkan desain eksterior yang agresif, performa yang lebih baik, dan peningkatan kenyamanan berkendara untuk membuat Agya lebih menarik bagi pelanggan. Dengan begitu, generasi terbaru Agya memiliki standar baru sebagai mobil pertama pilihan pelanggan dan menjadi city car yang menyenangkan.
Untuk memastikan kualitas dasar yang baik, desainer dan insinyur Toyota bekerja sama untuk melakukan uji coba pada kondisi jalan yang tidak rata dan melakukan uji coba ketika banjir. Tujuannya untuk memastikan Agya mampu bertahan dan andal pada berbagai kondisi, sekaligus membuat pemilik merasa percaya diri saat berkendara.
Desain dan Kenyamanan All-New Toyota Agya
Di bagian interior, Toyota memperhatikan kenyamanan dan estetika seiring dengan peningkatan kualitas dan reliabilitas. All-New Agya memiliki desain yang elegan dan modern, dengan jok kulit dan fitur yang lebih baik seperti audio sistem, klimatisasi udara, dan sistem multimedia yang terintegrasi dengan smartphone. Selain itu, Agya juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti seat belt, Airbags, dan SRS.
All-New Agya memperkenalkan desain eksterior yang "kuat dan agresif" untuk meningkatkan hubungan emosional dengan pengemudi, memperkuat citra sporty. Menurut Toyota, desain yang unik memperlihatkan perubahan pada bagian depan yang membuatnya terlihat lebih sporty. Siluet bodi dari samping memperlihatkan postur yang gagah dan lebih besar. Garis desain yang tajam dan berkarakter menambah kesan agresif pada mobil ini.
Konsep desain horizontal yang diterapkan pada interior memperlihatkan nuansa yang canggih dan fokus pada pengemudi, menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas. Panel instrumen dan trim pintu mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk nuansa yang lebih canggih. Konsol tengah dan tuas transmisi diposisikan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang lebih baik. Desain dan posisi jok diolah untuk memberikan posisi duduk yang natural dan rileks bagi pengemudi, termasuk desain dan layout pedal yang dioptimalkan.
Mesin Agya Terbaru Lebih Irit BBM
Pabrikan berlogo T mengatakan bahwa city car ini pakai mesin sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, soal kubikasinya adalah 1.200 cc.
Bagaimana dengan torsi dan tenaganya? Ternyata sama persis dengan Raize. Toyota Agya Gen-2 menggendong mesin berkode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc. Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm.
Di atas kertas, mesin WA-VE ini lebih besar torsinya dibanding mesin Agya Gen-1 yaitu 2NR-VE. Selain itu, pastinya dari sisi ramah lingkungan punya emisi gas buang lebih baik. Penggunaan mesin yang sama dengan Rocky dan Raize, juga seharusnya menjadikan ongkos produksi dari Agya Gen-2 lebih murah.
Fitur Modern dengan Panel Instrumen TFT
Selain itu, bocoran soal Toyota Agya Gen-2 adalah punya berbagai fitur modern. Di bagian kabin, sudah ada panel instrumen TFT ukuran 7 inci yang mirip dengan Toyota Raize. Pastinya ini bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan lengkap ke pengendara.
Lalu ada tombol audi steering switch untuk mengatur fitur hiburan, tanpa perlu melepas setir. Head unitnya, pakai layar sentuh bergaya floating.
Hanya saja bicara Toyota Safety Sense (TSS), sepertinya Agya 2023 tidak akan memilikinya. Pasalnya bila melihat setir yang digunakan, tidak ada tombol di bagian kanan mobil. Oleh karenanya, prediksi kami, TSS belum hadir ke mobil mungil ini.
Baca Juga : Temukan Mobil Terbaru Yang Anda Inginkan Disini!
Harga Toyota Agya 2023
Dengan spesifikasi tersebut, berapa harga Toyota Agya 2023? Pabrikan berlogo T cuma mengatakan siap menjual mobil ini tetap di segmen LCGC. Oleh karenanya, kemungkinan banderol Agya Gen-2 masih di bawah Rp 200 jutaan. Prediksi kami mulai dari Rp 170 jutaan.
Hanya saja untuk Agya GR Sport terbaru segmennya tidak lagi masuk ke LCGC, melainkan city car. Kurang lebih pabrikan berlogo T menggunakan strategi yang serupa dengan Honda, di mana ada Brio Satya di segmen LCGC dan Brio RS di segmen city car.
Maka harga Toyota GR Sport 2023, kemungkinannya bisa tembus Rp 200 jutaan. Hal ini wajar, mengingat banyak ubahan baik dari sisi interior yang lebih modern. Lalu performa mesin juga lebih istimewa.
Bagaimana menurut kamu? Apakah dengan harga tersebut, Toyota Agya terbaru masih laris manis dan bisa menghajar Honda Brio?, jika kamu saat ini sedang mencari mobil baru, ingin mengetahui informasi promo terbaru Otr.id dan ingin melakukan simulasi perhitungan kredit mobil impian kamu silakan klik disini.
Baca Juga : Yaris Cross Sebagai Pengganti Toyota Rush Akan Hadir di tahun 2023
Rencananya Toyota Yaris Cross akan launching di Filipina antara bulan Februari atau Maret 2023 ini. Tetap, masih belum ada kepastian soal spesifikasi yang akan dibawa oleh versi rilisan di Filipina tersebut, tetapi ada kemungkinan bocoran varian yang akan dijual berupa mesin bensin 1.5 liter dan 1.5 liter hybrid.
Di bagian mesin, Yaris Cross standar akan dibekali mesin yang berbasis platform TNGA, mesin bensin M15A-FKS, serta konfigurasi 3-silinder Dynamic Force yang bertenaga 118 horse power dengan torsi maksimum 145 Nm.
Sementara untuk yang varian hybrid-nya, dikemas dengan teknologi Toyota Hybrid System II, dengan mesin M15A-FXE dan output kombinasi 91 horse power di torsi 120 Nm. Mesinnya perpaduan motor elektrik dengan baterai lithium-ion 4,3 Ah. Dengan begitu, daya maksimumnya terdistribusi melalui transmisi CVT dan manual 6-percepatan. Khusus hybrid pakai e-CVT serta ada tambahan opsi sistem penggerak all wheel drive (AWD).
Beralih ke fitur keselamatan Toyota Yaris Cross, seluruh varian sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS) dan 8 airbags. Selain itu untuk keamanan mobil dibekali juga Stolen Vehicle Tracking dan Collision Notification yang bisa diakses melalui aplikasi.
Baca Juga : IIMS 2023, Prediksi Mobil Baru yang Akan Meluncur
Tentu saja untuk mobil-mobil terbaru dari Toyota akan ada versi GR Sport (GAZOO RACING)-nya. Ini akan menambah varian tipe baik dari sisi varian bensin atau varian hybrid.
Soal harga Toyota Yaris Cross, jika mengacu pada harga jual di Australia mulai dari Rp 316 juta-an tipe bensin dan Rp 336 juta-an versi hybrid.
Lantas, kapan Toyota Yaris Cross juga akan meluncur di Indonesia?
Bila Filipina sudah dapat kepastian, lain halnya dengan Indonesia. Kita masih menunggu keputusan Toyota akan jadwal peluncurannya di Tanah Air.
Dilansir dari rajamobil.com, ada bocoran dari narasumber rahasia bahwa jadwal peluncuran di Indonesia ada di sekitar pertengahan tahun 2023 ini. Meski tetap bukanlah sebuah hal yang pasti mengingat Toyota sering melakukan gebrakan kalau meluncurkan mobil dengan jadwal yang mepet-mepet.
Jika versi hybrid dari Yaris Cross masuk ke Indonesia, tentu saja akan menambah panjang varian mobil hybrid yang bisa menjadi opsi Sobat OTR nih!
Lihat juga artikel kita yang lain :
Bersaing Ketat Zenix vs Almaz Komparasi 2 Mobil Hybrid Terbaru
Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima
Mobil Listrik Konsep dari Suzuki: eVX
KIA EV6 GT-Line Resmi Dijual di Indonesia, Ini Dia Prediksi Harga dan Peluncuran Resminya
Honda WR-V vs Hyundai Creta, Kira-kira Unggul yang Mana?