Review Suzuki XL7 Hybrid | Bertabur Fitur Keren dan Akankah Meluncur Tahun ini ?

Review Suzuki XL7 Hybrid | Bertabur Fitur Keren dan Akankah Meluncur Tahun ini ? Admin, Jumat 24 Februari 2023

Jakarta, OTR.id
Tren elektrifikasi akan semakin rekat dengan perkembangan otomotif dunia, termasuk dunia. Hal ini pun dapat dilihat dari langkah yang diambil Suzuki.

Menyusul Ertiga mild hybrid, Suzuki kembali menyusupkan teknologi mild hybrid pada sosok XL7nya. Setidaknya ini sudah terjadi di India di mana mobil ini dilabeli sebagai XL6.

Sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mencanangkan bahwa mereka akan fokus mengembungkan segmen SUV crossover, di mana XL7 pun menjadi bagiannya.

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa XL7 mild hybrid akan dijajakan di Negeri Batik. Tren dan permintaan dinilai terus meningkat. Tentunya tak akan sama dengan Suzuki XL6 di India. Bila diproduksi lokal, artinya jantung pacu tertancap masih menggunakan K15B. Bukan K15C Dualjet seperti di Negeri Bharata. Kubikasi tetap 1.462 cc DOHC, empat silinder dan ukuran diameter kali langkah 74 mm x 85 mm. Untuk putaran 6.000 rpm, tergapai daya maksimum 105 PS. Lalu momen puntir puncak tersedia di 4.400 rpm sebesar 138 Nm. Sistem penyaluran ke roda depan (FWD).

Ini yang lantas jadi pertanyaan. Apakah bakal menggunakan transmisi matik seperti di India 6-speed konvensional? Kalau dilihat dari jalur produksi sama dengan Ertiga hybrid. Agaknya tidak. XL7 hybrid tetap menggunakan 4-speed AT. Terus opsi manual 5-speed tetap tersedia. Belum bisa dipastikan seberapa efisien. Namun sebagai gambaran, Maruti Suzuki mengklaim catatan konsumsi BBM XL6 hybrid sanggup mencapai 20,97 km/liter (M/T) dan 20,27 km/liter (A/T).

Review Suzuki XL7 Hybrid | Bertabur Fitur Keren dan Akankah Meluncur Tahun ini ?
Asal tahu, prinsip mekanisme kerja Suzuki Smart Hybrid relatif sederhana. Ketika pengendara melakukan akselerasi. Komponen ISG memberikan bantuan tenaga kepada mesin bila dibutuhkan supaya meringankan beban putaran mesin. Sehingga mobil bisa memperoleh tenaga lebih cepat. Saat pengemudi harus melakukan perlambatan kecepatan menggunakan rem. Maka fungsi ISG mengubah energi kinetik menjadi listrik untuk disimpan dalam Lithium-Ion Battery.

Apakah kemudian mesin dan transmisi tersebut akan hadir untuk XL7 di pasar lokal? Mungkin hasil pengamatan sementara menghasilkan spekulasi yang lain.

Kalau dilihat dari jalur produksi sama dengan Ertiga hybrid. Sepertinya racikannya pun akan sama yakni menggunakan mesin K15B dan tetap menggunakan 4-speed AT. Sedangkan varian girboks manual 5-speed pun akan tetap tersedia.

Jika melihat klaim XL6, LMPV dengan 6 bangku ini konsumsi BBM mencapai 20,97 km/liter (M/T) dan 20,27 km/liter (A/T). Jika benar speknya akan sama dengan Ertiga mild hybrid maka hasil berdasarkan pengetesan OTR.id ada di angka 14,4 hingga 17.0 km/liter.

Kita tunggu saja kabar baik dari Suzuki. jika kamu saat ini sedang mencari mobil baru, ingin mengetahui informasi promo terbaru Otr.id dan ingin melakukan simulasi perhitungan kredit mobil impian kamu silakan klik disini.

Lihat juga artikel kita yang lain :

Bersaing Ketat Zenix vs Almaz Komparasi 2 Mobil Hybrid Terbaru

Cara Merawat Mobil Agar Tetap Prima

Mobil Listrik Konsep dari Suzuki: eVX

KIA EV6 GT-Line Resmi Dijual di Indonesia, Ini Dia Prediksi Harga dan Peluncuran Resminya

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Kira-kira Unggul yang Mana?