Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Pabrik Mobil Honda Tutup di Filipina, Andalkan Impor Untungkan Indonesia


Pabrik Honda Filipina OTR.id

Admin, Sabtu 11 April 2020

Pabrik Honda - Pada Maret 2020 kemarin pabrik produksi milik Honda Motor Co. di Filipina resmi ditutup, hal ini pasti akan berdampak pada pasar otomotif di Asia Tenggara, khususnyadi Tanah Air kita Indonesia. 

Honda Cars Philippines, Inc., unit yang bergerak di perusahaan otomotif global tersebut selama ini menghasilkan banyak produk yang menjadi andalan yakni Honda BR-V dan City. Lalu, dengan penutupan manufaktur tersebut, mungkinkah produksi model kendaraan tersebut akan digantikan ke Indonesia

Direktur Inovasi Bisnis, Yusak Billy selaku Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), menyatakan pihaknya belum dapat memastikan hal yang diberitakan tersebut. Ekspor produk Honda ke Filipina pun masih perlu dibahas lebih lanjut oleh manajemen Honda di kawasan Asia Oceania.

"Untuk realokasi produksi untuk kebutuhan pasar BR-V di Filipina akan dibahas Honda secara global, khususnya Honda Asia Oceania Region. Karena hal ini menyangkut segala aspek kesiapan dari negara pengeskpornya. Dari spesifikasinya, kapabilitasnya, kapasitasnya dan lain-lain, itu semua perlu dibahas lebih lanjut," katanya, Selasa, 25 Februari 2020.

Dari segi lain, penutupan pabrik Honda di Filipina itu juga pasti berdampak pada kinerja Honda di Indonesia, khususnya terkait kinerja ekspor. Dia memberikan kesimpulan bahwa selama ini pihaknya mengeskpor sejumlah bagian kendaraan yang terurai alias completely knock down (CKD) untuk model Honda BR-V dan Honda City. Dikarenakan penutupan manufaktur Honda di Filipina, ucapnya, HPM bakal berhenti juga mengeskpor part-part CKD tersebut.

Honda Filipina OTR.id

"Pasti itu iya, akan ada impact yang berarti kepada bisnis ekspor karena kami melakukan ekspor beberapa part CKD untuk BRV dan City sampai di tutupnya pabrik di sana," kata Yusak.

Honda Motor Co., pada keterangan resminya, Sabtu, 22 Februari 2020 memberikan pernyataan bahwa unit usahanya yang beroperasi di negara itu, yakni Honda Cars Philippines, Inc. Beserta semua lini pabrik Honda, akan menghentikan operasional produksinya di pabriknya di Sta. Rosa, Laguna, berlaku efektif Maret, 2020.

"Pabrik Honda akan menghentikan operasi produksi di pabriknya di Sta. Rosa, Laguna, efektif Maret, 2020," itulah yang tertulis di laman resmi perusahaan otomotif raksasa asal Jepang itu.

Agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Honda yang ada di Filipina dengan produk dan harga yang terjangkau tapi berkualitas, Honda akan mempertimbangkan pemindahan lokasi distribusi sumber daya yang efisien. Tidak menutup kemungkinan distribusi tersebuat akan dialokasikan ke Indonesia, maka akan berdampak positif untuk ekspor Honda di Indonesia.

Honda Cars Philippines, Inc., kemungkinan akan melanjutkan operasi penjualan mobil dan layanan purnajualnya di Filipina, dengan memanfaatkan jaringan regional Honda Asia dan Oceania yang sudah ada dan lokasi yang terdekat dengan Filipina.

Cek harga mobil baru impian Sobat OTR yang lain di otr.id Urusan Mobil baru, OTR.id Aja!