Tempat Kredit Jual Mobil Jakarta Terpercaya - OTR.ID


Beli Mobil Baru, Inilah Cara Menghitung Harga OTR Mobil di Jakarta


Harga OTR.id

Admin, Senin 20 April 2020

Cara Menghitung Harga OTR Mobil - Bagi Sobat OTR yang sudah pernah membeli mobil pastinya gak asing lagi dengan istilah harga OTR alias on the road dan off the road ya! Hanya untuk informasi, harga on the road adalah harga yang sudah termasuk segala macam proses untuk legalisasi dokumen kendaraan hingga jatuh ke tangan konsumen. Legalisasi tersebut mencakupi Pajak Kendaraan, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), dan dokumen Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). 

Yang dimana, kelengkapan dokumen yang sah untuk kendaraan yang konsumen beli legal untuk dikendarai di jalan umum karena memiliki surat-surat yang dikeluarkan oleh pihak berwajib dan memenuhi syarat hukum negara.

Perbedaaan On The Road dan Off The Road

Apa sih bedanya ? yakni pada harga off the road bisa jadi jauh lebih murah ketimbang harga on the road. lalu, apakah Sobat OTR boleh beli mobil off the road?

Yang kami kutip dari Kompas.com, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania memberikan penjelasan, tujuan pihaknya menginformasikan harga off the road adalah agar sesmua konsumen mengetahui harga asli mobil, sebelum dikenakan pajak, dan lain-lain.

Sebab ketika sudah diinformasikan harga OTR, artinya sudah ada biaya instrumen pajak yang masuk di dalamnya.

BPKB Mobil OTR.id

Baca juga : Daftar Harga Honda 2020

Uniknya masing-masing daerah punya kebijakan pajaknya masing-masing. Sehingga menimbulkan dampak adanya perbedaan harga OTR mobil di satu daerah dengan daerah yang lain. Itulah kenapa harga OTR di Jakarta pastinya akan berbeda dengan OTR yang berada diluar Jakarta, faktor ini yang memberikan perbedaan harga OTR pada masing-masing daerah.

Meski menginfomasikan harga off the road, Jodie menjelaskan bukan berarti pihaknya memperbolehkan calon konsumen membeli mobil dengan harga Off The Road tersebut. Sebab tujuan pencantuman harga Off The Road hanya untuk panduan ke konsumen agar saling terbuka atau menghindari permainan dealer yang tak bertanggung jawab.

Cara Mengurus Dokumen

Jika Sobat ingin beli mobil off the road, sobat tetap harus mengurus dokumen dan legalisasinya sebelum menggunakannya di jalan raya umum, jika tidak pastinya sobat akan melanggar hukum berkendara. Prosesnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menyediakan waktu luang, tenaga yang cukup, dan uang.

Hal yang paling pertama yang harus Sobat lakukan setelah beli mobil off the road adalah pergi ke kantor Samsat sesuai dengan kota domisili Sobat lalu melakukan registrasi kendaraan baru. Dalam hal ini Unit Pelayanan PKB dan BBN-KB. Biasanya pihak Samsat memiliki ruang dan petugas khusus yang melayani serta mengurus registrasi kendaraan baru, termasuk jika Anda beli mobil off the road.

STNK Mobil OTR.id

Sebelum mengurus registrasi kendaraan baru, ada baik nya Sobat siapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti faktur asli, fotokopi faktur, surat pengantar dari dealer yang mengeluarkan kendaraan, sertifikat NIK/VIN, fotokopi KTP sesuai dengan faktur, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Waktu yang diperlukan untuk Proses pengesahan dokumen dan registrasi ini biasanya memakan waktu hingga satu hari.

Setelah selesai melakukan registrasi, Sobat diwajibkan membawa kendaraan ke Samsat untuk dilakukan cek fisik oleh petugas. Pengecekan ini diliputi dengan tiga tahap, sudah termasuk proses esek-esek nomor mesin dan nomor rangka kendaraan.

Bila semua hal diatas sudah dilakukan maka kendaraan tersebut dinyatakan lolos, maka pihak Samsat akan mengeluarkan nomor registrasi BPKB. Tahap ini juga biasanya memakan waktu satu hari. Cukup menguras waktu bukan ?

Plat Mobil OTR.id

Tunggu Semua Proses Selesai

Jika Sobat sudah membawa semua dokumen yang dibutuhkan dan sudah mendapatkan nomor registrasi BPKB, Sobat tinggal membayar pajak kendaraan untuk STNK. Berikan semua dokumen lalu Sobat akan diberitahu berapa pajak yang harus Anda bayar. STNK dan BPKB beserta TNKB jangka waktu proses biasanya selesai dalam jangka waktu sekitar satu minggu.

Biaya dan waktu ini berbeda-beda, tergantung jenis kendaraan dan wilayah. Belum lagi jika kendaraan yang Anda beli terkena pajak progresif. Maka jika sobat mempunyai waktu yang cukup luang dan ingin lebih irit atau tidak mau sampai tertipu dengan harga yang diberikan dealer sobat bisa mencari informasi berapa biaya yang dikenakan untuk mengurus dokumen kelengkapan, di kota tempat sobat tinggal, kami tidak bisa menjabarkan berapa biaya pastinya dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan biaya.

Memang terdengar tidak sulit kan? tapi tentunya memakan waktu dan tenaga. Bila dibandingkan dengan beli mobil OTR, pastinya lebih praktis.

Nah jadi bagaimana menurut Sobat ? lebih mending membeli dengan harga OTR atau beli mobil off the road? Pilihan kami kembalikan lagi kepada Sobat.

Cek harga mobil baru impian Sobat OTR yang lain di otr.id Urusan Mobil baru, OTR.id Aja!